Kompas.com - 24/09/2022, 15:23 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DALAM Kamus Besar Bahasa Indonesia arti ruminasi adalah pengembalian dari lambung ke mulut pada hewan pemamah biak untuk dikunyah dan ditelan kembali.

Jadi, hewan pemamah biak seperti sapi, kambing, rusa, kerbau, domba, memang memiliki kebiasaan tersebut ketika sedang beristirahat. Mengunyah-ngunyah keluar masuk makanan dari mulut ke lambung dan sebaliknya.

Garvin Goei (2021: 60) mengatakan bahwa dalam dunia psikologi dikenal juga istilah ruminasi.

Menurut Goei, ruminasi dalam psikologi adalah ketika seseorang terus memutar ulang gambaran sebuah kejadian buruk atau tidak menyenangkan di dalam pikirannya yang menimbulkan emosi negatif.

Sebagai contoh konkret, ada satu peristiwa yang saya alami beberapa tahun lampau. Pada suatu siang, saya bermain ke rumah seorang teman kantor, seorang seniman.

Ketika bermain ke rumahnya, saya dikenalkan dengan anaknya yang berusia sekitar tiga tahun. Saya tanya namanya dan lainnya.

Kemudian entah kenapa sambil bercanda saya bilang pada anak kecil itu,”Kamu nakal, ya…”

Esok harinya teman saya tersebut menemui saya di kantor dengan wajah serius. Lalu katanya,”Kemarin Mas bilang anak saya nakal, ya? Maaf Mas, anak saya tidak nakal. Ia anak yang baik, nurut sama ayah ibunya. Tidak nakal seperti yang Mas kira…”

Bla-bla-bla. Bla-bla-bla. Panjang lebar penjelasannya, persis seperti orang yang lagi curhat.

Saya tercenung mendengar penjelasannya itu, sebab saya sendiri sudah lupa candaan yang saya lontarkan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.