Kompas.com - 27/09/2022, 21:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada banyak hobi yang mendadak jadi “in” di kalangan masyarakat Indonesia sejak pandemi Covid-19 dimulai beberapa tahun ke belakang, dan aquascape adalah salah satunya.

Namun, apa sebenarnya aquascape itu?

Aquascape adalah seni menata tanaman air bersama bebatuan, cavework, atau kayu apung dengan cara yang estetis di dalam akuarium.

Desain aquascape sendiri terdiri dari berbagai gaya unik dan berbeda-beda yang umumnya memadukan antara berbagai tanaman dan ikan hias cantik, seperti ikan cupang dan guppy.

Meskipun begitu, ada pula yang membuat aquascape hanya dengan memadukan berbagai jenis tanaman atau memadukan berbagai hardscape (elemen aquascape berupa bebatuan, pasir, atau akar pohon) dan tanpa tanaman.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini 12 Perbedaan Aquascape dan Akuarium Biasa

Contoh hardscape yang memenuhi salah satu sisi akuarium dan menyisakan ruang kosong di sisi lainnya.SHUTTERSTOCK/BLUR LIFE 1975 Contoh hardscape yang memenuhi salah satu sisi akuarium dan menyisakan ruang kosong di sisi lainnya.
Namun memadukan berbagai elemen aquascape tersebut tak bisa sembarangan. Sebab, meski tujuan utama aquascaping adalah membangun lanskap bawah laut yang artistik, ada beberapa aspek dan faktor yang harus dipertimbangkan.

Simak faktor-faktor yang harus dipertimbangkan tersebut, berikut ini.

  • menjaga kadar karbon monoksida yang cukup untuk mendukung fotosintesis di bawah air.
  • filtrasi.
  • pencahayaan.
  • pengendalian alga.
  • substrat (media tanam dan dekorasi pada akuarium) dan fertilisasi.

Bukan hanya itu, aquascaping air tawar juga membutuhkan beberapa metode perawatan spesifik guna menjaga agar tanaman hias yang ditanam tetap sehat dan terlihat cantik.

Misalnya, ada beberapa orang yang rutin melakukan trimming (pemangkasan) atau mengikat tanaman dengan benang agar mendapatkan bentuk dan desain yang diinginkan.

Baca juga: Cara Mudah Memilih Tanaman untuk Aquascape dan Kiat Menatanya

Contoh aquascape.SUNARJO LEMAN Contoh aquascape.
Lalu, para aquascaper (penghobi aquascape) yang lebih serius akan menggunakan fertilizer (pupuk) ramah akuarium yang umumnya berbentuk cairan atau tablet guna membuat tanaman air dalam akuarium tumbuh dengan baik dan lebih cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Earth com


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.