Kompas.com - 04/10/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Pernikahan bukan lagi menyatukan hubungan antara dua orang. Bukan juga hanya menyatukan dua kepala. Namun dua keluarga pasangan.

Menggabungkan dua keluarga setelah menikah memang menjadi tantangan. Mulai dari orangtua, kakek-nenek, saudara kandung, bibi, paman, mau tidak mau harus menciptakan hubungan yang baik dengan mereka.

Tak bisa dipungkiri jika sering kali antara suami dan istri memiliki perbedaan pendapat, bahkan prinsip dengan keluarga masing-masing, termasuk mertua.

Bisa dikatakan menjalin hubungan yang baik antara ibu mertua dan menantu perempuan merupakan sebuah tantangan. Tidak ada jaminan bahwa setiap orang akan saling menyukai dan rukun. Meski tidak menutup kemungkinan bisa cepat akrab.

Dalam siniar Anyaman Jiwa bertajuk “Tinggal Bareng Mertua Bikin Stres?”, Dear Astrid menjelaskan tentang bagaimana cara menghadapi mertua yang tinggal serumah dan terkadang tidak suportif.

Dear Astrid mengatakan bahwa komunikasi antara mertua dan menantu itu penting. Usahakan wajah selalu tenang, tidak menunjukkan wajah bete atau kesal saat berbicara.

Merangkum dari Militarycom, berikut cara untuk mempunyai hubungan yang baik dengan mertua.

1. Libatkan Mertua dalam Kegiatan Keluarga

Penting untuk tahu, saat kamu hidup bersama pasangan, berarti kamu juga hidup bersama keluarganya, meski tidak serumah.

Baca juga: Pentingnya Komunikasi dalam Pernikahan

Maka dari itu, libatkan mertua dalam kegiatan keluarga. Seperti liburan, jalan-jalan, dan apa pun itu yang bisa mendekatkan hubungan. Bahkan sesuatu yang kecil seperti belanja bulanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.