Kompas.com - 05/10/2022, 14:32 WIB

KOMPAS.com - Ratu Margrethe II dari Denmark minta maaf atas keputusannya mencabut gelar pangeran dan putri dari empat cucunya.

Pekan lalu, ia menyatakan jika para cucunya yakni Pangeran Nikolai (23), Pangeran Felix (10), Pangeran Henrik (13) dan Putri Athena (10) akan menggunakan gelar Count dan Countess Monpezat.

Rupanya keputusan itu menuai kritikan dari publik termasuk kalangan bangsawan Denmark dan Pangeran Joachim, anak bungsu Ratu sekaligus ayah dari empat cucu tersebut.

"Kami semua sangat sedih. Tidak pernah menyenangkan melihat anak-anak Anda diperlakukan buruk seperti itu," katanya, dalam wawancara yang lalu.

Baca juga: Ratu Denmark Cabut Gelar Pangeran dan Putri 4 Cucunya, Apa Sebabnya?

"Mereka  menemukan diri mereka dalam situasi yang tidak mereka pahami," ujarnya tentang keempat anaknya.

Pangeran Joachim dari Denmark bersama istri dan tiga anaknya dalam salah satu acara kerajaan. Ia memiliki empat anak dari dua pernikahan yang berbeda.Repro bidik layar via Instagram Pangeran Joachim dari Denmark bersama istri dan tiga anaknya dalam salah satu acara kerajaan. Ia memiliki empat anak dari dua pernikahan yang berbeda.
Sebenarnya, ia mengaku sudah diberitahu soal pencopotan gelar istimewa tersebut pada Mei lalu namun rencananya baru akan direalisasikan ketika anak-anaknya berusia 25 tahun.

Tak disangka, keputusan tersebut dipercepat tanpa diskusi lebih lanjut dengan pihak yang terlibat.

"Saya tidak tahu. Saya awalnya meminta waktu untuk berpikir dan memberikan tanggapan. Itu harus dipertimbangkan," ujar bangsawan yang berada di suksesi Denmark urutan enam ini.

Baca juga: Pangeran George Ternyata Baru Tahu Bakal Jadi Ahli Waris Takhta Inggris

Sementara itu, Pangeran Nikolai mengaku terkejut dan bingung dengan keputusan neneknya.

“Saya sangat bingung mengapa harus terjadi seperti ini. Kami terkejut. Tetapi jelas bahwa itu semakin sulit sekarang setelah diterbitkan," ujar putra tertua Pangeran Joachim itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.