Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2022, 16:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisa dikatakan, apel merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi berkat rasanya yang manis dan kepraktisannya yang dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan lezat.

Misalnya saja, apple butter.

Dikutip dari Lifestyle Asia, meski memiliki nama “apple butter” yang dapat diartikan sebagai “mentega apel,” olahan ini sama sekali tidak terbuat dari mentega, meski memiliki tekstur serupa.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Cuka Apel?

Apple butter hanyalah selai apel pekat yang diberi pemanis dan sedikit rempah-rempah serta dapat dijadikan selai atau isian untuk berbagai makanan, seperti roti panggang.

Teksturnya pun lebih lembut dibanding selai apel, namun lebih pekat dan kental dibanding saus apel, sehingga cocok dipadukan bersama roti panggang.

Cara membuat apple butter

Cara membuat apple butter sebenarnya tidak sulit.

Kita hanya perlu menyiapkan beberapa butir apel yang telah dipotong-potong, baik dengan kulitnya maupun tidak, lalu melakukan beberapa langkah berikut.

  • Masukkan apel yang telah dipotong dalam sebuah panci, campur dengan gula dan berbagai rempah sesuai selera, seperti kayu manis, vanila, pala, cengkeh, jahe, atau kapulaga. Lalu, masak lambat di atas api kecil.
  • Masak apel selama 4-6 jam untuk membuat air berlebih dalam apel menguap dan membuat apel melunak.
  • Jika gula sudah berubah warna dan menjadi karamel yang memiliki rasa manis pekat, matikan api.
  • Gunakan blender tangan atau masukkan apel yang telah dimasak ke dalam penggiling makanan jika ingin mendapatkan tekstur lembut.
  • Masukkan ke lemari es setelah jadi.

Cara menggunakan apple butter

Apple butter sangat serbaguna sehingga dapat digunakan sebagai pelengkap makanan apapun, sama seperti selai.

Baca juga: 5 Efek Samping Cuka Apel Jika Dikonsumsi Berlebihan

Kita bisa memadukannya dengan roti panggang, kue, dan olahan makanan lainnya.

Bahkan, kita bisa menggunakan apple butter untuk menjadi bumbu marinasi dan glasir pada daging dan sayuran panggang, sehingga akan menambah rasa manis khas karamel pada hidangan.

Namun perlu diingat, kita memerlukan apel yang cukup banyak, sekitar 2,7 kilogram, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya, sehingga perlu bersabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com