Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Chatting dengan Orang Lain

Kompas.com - 18/11/2022, 11:39 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan memang memudahkan orang untuk berkomunikasi, tapi beberapa hal berikut ini wajib diperhatikan.

Pasalnya, kemudahan bertukar pesan, berkas, dan foto atau video kadang menimbulkan kesalahpahaman karena kekeliruan mengetikkan kata dan menggunakan emoji.

Akibatnya adalah pesan yang dikirimkan tidak dapat dimengerti oleh penerima pesan, bahkan risiko yang terburuk dapat menyinggung perasaan orang lain.

Baca juga: 7 Etika Chat di Tempat Kerja agar Tak Ditegur Bos

Lebih parahnya lagi, pesan yang dikirimkan melalui aplikasi pesan instan menyebabkan permasalahan hukum karena kata-kata, foto, atau video yang dinilai tidak senonoh.

Etika chatting dengan orang lain

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika bertukar pesan dengan orang lain, ada beberapa tips yang wajib diperhatikan supaya chatting terasa nyaman.

Supaya lebih paham, simak yang berikut ini.

1. Berpikir sebelum mengirim pesan

Ada yang mengatakan bahwa orang sebaiknya berpikir dahulu sebelum bertindak. Anggapan ini agaknya sesuai dengan etika chatting yang baik dengan orang lain.

Hal tersebut penting untuk diperhatikan lantaran setiap pesan yang dikirimkan menggambarkan seperti apa si pengirim pesan dan ini jarang disadari.

Meski orang mengirim pesan satu arah dengan teman, mereka sebaiknya membedakan hal ini ketika chatting dengan teman kerja, klien, atau atasan.

Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan siapa orang yang diajak chatting supaya pesan yang dikirimkan dapat diterima dengan baik dan dimengerti.

2. Berkomunikasi dengan jelas

Penting untuk memastikan orang yang diajak chatting tidak bingung dengan pesan yang mereka terima untuk meminimalisir kemungkinan salah paham.

Baca juga: 5 Etika Chat Mantan Supaya Pesanmu Tidak Cuma Dibaca

Berkomunikasi dengan jelas sangatlah penting bagi mereka yang membangun hubungan bisnis dengan orang lain supaya tidak kehilangan peluang.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, pertimbangkan pesan yang sudah dikirimkan sebelum dikirimkan kepada orang lain.

3. Segera balas

Menjadi orang yang fast respons memang melelahkan, tapi tak ada salahnya membaca dan membalas pesan dengan cepat karena hal ini menunjukkan perhatian kepada penerima pesan.

Jika pesan yang diterima belum semapt dibalas karena suatu alasan, beri tahu penerima pesan mengapa chat mereka tidak segera dibalas -termasuk meminta maaf.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com