Kompas.com - 18/11/2022, 11:39 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan memang memudahkan orang untuk berkomunikasi, tapi beberapa hal berikut ini wajib diperhatikan.

Pasalnya, kemudahan bertukar pesan, berkas, dan foto atau video kadang menimbulkan kesalahpahaman karena kekeliruan mengetikkan kata dan menggunakan emoji.

Akibatnya adalah pesan yang dikirimkan tidak dapat dimengerti oleh penerima pesan, bahkan risiko yang terburuk dapat menyinggung perasaan orang lain.

Baca juga: 7 Etika Chat di Tempat Kerja agar Tak Ditegur Bos

Lebih parahnya lagi, pesan yang dikirimkan melalui aplikasi pesan instan menyebabkan permasalahan hukum karena kata-kata, foto, atau video yang dinilai tidak senonoh.

Etika chatting dengan orang lain

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika bertukar pesan dengan orang lain, ada beberapa tips yang wajib diperhatikan supaya chatting terasa nyaman.

Supaya lebih paham, simak yang berikut ini.

1. Berpikir sebelum mengirim pesan

Ada yang mengatakan bahwa orang sebaiknya berpikir dahulu sebelum bertindak. Anggapan ini agaknya sesuai dengan etika chatting yang baik dengan orang lain.

Hal tersebut penting untuk diperhatikan lantaran setiap pesan yang dikirimkan menggambarkan seperti apa si pengirim pesan dan ini jarang disadari.

Meski orang mengirim pesan satu arah dengan teman, mereka sebaiknya membedakan hal ini ketika chatting dengan teman kerja, klien, atau atasan.

Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan siapa orang yang diajak chatting supaya pesan yang dikirimkan dapat diterima dengan baik dan dimengerti.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.