Kompas.com - Diperbarui 26/11/2022, 05:35 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Makanan-makanan yang dianggap sebagai “superfood” alias makanan yang kaya akan nutrisi diyakini dapat meningkatkan kesehatan seseorang secara drastis.

Misalnya saja, biji chia (chia seed) yang dapat menurunkan kolestrol, sayuran hijau yang dapat membakar lemak, blueberry yang meningkatkan kadar antioksidan, dan biji seledri yang dapat menurunkan tekanan darah.

Karena itulah, biji seledri kerap dijadikan sebagai suplemen kesehatan.

Namun, apakah benar konsumsi biji seledri dapat menurunkan tekanan darah?

Dokter dan ahli jantung Luke Laffin, MD, dari Department of Cardiovascular Medicine Cleveland Clinic, mengatakan bahwa meski memang benar konsumsi tanaman (sayuran) seperti seledri dapat menawarkan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang menyehatkan, bukan berarti kita bisa mengonsumsi substansi tersebut hanya sebagai suplemen dan mendapatkan manfaat yang sama.

Ia menambahkan, nutrisi dan berbagai kandungan lain dalam tanaman bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan seseorang. Namun, mengapa dan bagaimana cara tumbuhan melakukannya masih belum diketahui.

Memang, sebuah penelitian yang diterbitkan di Natural Medicine Journal menemukan bahwa konsumsi ekstrak biji seledri dapat memperbaiki tekanan darah pada pasien yang memiliki tekanan darah tinggi.

Kendati demikian, penelitian tersebut juga menyatakan bahwa mengonsumsi ekstrak tumbuhan hanya menawarkan sedikit manfaat dan terkadang dapat merugikan tubuh.

“Karena itulah, sebaiknya kita memakan tumbuhan tersebut secara utuh, begitu pula seledri,” ujar Laffin, sebagaimana dikutip dari Cleveland Clinic.

Baca juga: 7 Manfaat Seledri, Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker

Tekanan darah dan seledri

Sebenarnya tekanan darah akan mengukur kekuatan yang diberikan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Semakin tinggi tekanan darah, semakin keras jantung bekerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.