Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Starbucks Indonesia Buka Gerai dengan Barista Tunarungu, Berkomunikasi dengan Bahasa Isyarat

Kompas.com - 05/12/2022, 08:01 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dengan menjunjung nilai inklusivitas dan aksesibilitas, Starbucks Indonesia membuka gerai pertama Signing Store atau pelayanan dengan Bahasa Isyarat pada Sabtu (3/12/12).

Berlokasi di Starbucks Community Store Tata Puri, gerakan ini didedikasikan untuk komunitas penyandang tunarungu, gangguan pendengaran, dan komunitas Bahasa Isyarat itu sendiri.

Di gerai tersebut, kita akan dilayani oleh barista dengan gangguan pendengaran atau tuli. Meskipun begitu, tetap ada pendamping barista lainnya yang akan membantu jika konsumen kesulitan untuk berkomunikasi.

Tidak perlu khawatir juga karena terdapat writing tablet yang bisa kamu gunakan apabila ingin berbicara lewat tulisan.

Starbucks Indonesia sendiri bekerjasama dengan dua organisasi yakni Gerakan Kesejahteraan Tuli Indonesia (Gerkatin) dan Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (Pusbisindo), guna meningkatkan sosialisasi bahasa isyarat ke ruang lingkup komunitas yang lebih luas.

Salah satu aksinya dilakukan dengan menyelenggarakan kelas bahasa isyarat dan coffee workshop dalam bahasa isyarat.

Adapun, hal ini dilakukan oleh Starbucks sesuai dengan salah misinya yakni untuk mengubah kehidupan orang-orang yang terhubung lewat Starbucks. Perusahaan kopi tersebut ingin menciptakan dampak positif kepada masyarakatnya.

Mural di gerai Starbucks Signing Store Mural di gerai Starbucks Signing Store
“Peresmian Signing Store ini merupakan pencapaian besar bagi Starbucks Indonesia yang merayakan hari jadinya ke-20 di Tanah Air. Gerai spesial ini menunjukkan komitmen kami untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih infklusif dan beragam, serta memperluas akses ke semua komunitas,” tutur Anthony McEvoy selaku Pemimpin PT Sari Coffee Indonesia.

Ia menceritakan bahwa seluruh barista yang memiliki gangguan pendengaran ini telah mengikuti rangkaian pelatihan selayaknya karyawan pada umumnya, sehingga kualitas dalam pelayanan serta produknya pun tetap sama sesuai standar.

Di sisi lain, karyawan yang akan menemani para barista juga dilatih untuk dapat berbicara dengan menggunakan bahasa isyarat. Alhasil, tidak ada yang lebih eksklusif dalam komunitas pelayan Starbucks.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.