Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Cara Mengatur Emosi agar Tidak Meledak Berlebihan

Kompas.com - 25/01/2023, 12:09 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Sebagai manusia, kita dianugerahi oleh Tuhan berbagai macam emosi yang digunakan untuk menunjukkan suasana hati. Ada emosi senang, sedih, kecewa, hingga marah. Sayangnya, jika emosi ini ditunjukkan secara berlebihan, bisa berbahaya untuk kita.

Misalnya, mengeluarkan amarah yang meledak-ledak saat kecewa atau terlalu bahagia hingga lupa dengan keadaan sekitar. Mengeluarkan emosi tersebut secara berlebihan tentu akan memengaruhi kehidupan pribadi dan sosial kita.

Salah satunya dialami oleh tokoh Chacha dalam audio drama siniar Anyaman Jiwa “Kisah Anya & Adjie” bertajuk “Ketika Masih Sulit Mengontrol Emosi yang Meledak” dengan tautan akses dik.si/AJKontrolEmosi.

Meski begitu, emosi juga bisa kontrol. Pasalnya, pengendalian ini bisa menghindari tindakan impulsif yang dapat mengganggu kehidupan kita. Lantas, bagaimana caranya untuk mengatur emosi agar tak berlebihan?

Identifikasi Emosi

Mengutip Soul Salt, salah satu aspek terpenting dari kecerdasan emosional adalah mampu mengidentifikasi emosi yang kita rasakan. Jadi, alih-alih mengatakan “saya marah”, cobalah untuk menguraikan lagi penyebab emosi itu muncul. Misalnya, “Saya marah dan kecewa karena telah dibohongi.”

Baca juga: 4 Langkah agar Kita Bisa Memaafkan

Memahami dengan tepat apa yang dirasakan mampu membantu kita berkomunikasi lebih baik dengan orang lain dan diri sendiri. Jika sudah mengidentifikasi emosi, kita juga jadi lebih mudah untuk mencari solusi atau cara yang tepat untuk menanganinya.

Berdamai dengan Ketidakpastian

Ketidakpastian memang menjadi musuh bagi perasaan dan logika kita. Terlebih, jika hal ini berlangsung lama. Pastinya, perasaan kita menjadi tak karuan hingga emosi pun jadi berantakan. Alih-alih mengontrol emosi, kita justru panik berlebihan.

Dalam kehidupan, kita pasti akan selalu dihadapkan dengan ketidakpastian. Namun, orang dengan regulasi emosi yang buruk tak mampu mengaturnya. Sebagai tindakan preventif, kita bisa menuliskan skenario atau prediksi terhadap hal-hal buruk.

Setelah menuliskannya, pikirkan langkah preventif dan cara mengatur emosi jika hal itu terjadi. Dengan menuliskan skenario terburuk, kita jadi lebih siap dalam menghadapi berbagai hal yang dapat memperparah emosi negatif kita.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.