Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 07:40 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi pemilik anjing, melihat hewan kesayangannya melakukan hal unik seperti berputar-putar mengejar ekornya sendiri mungkin bukanlah hal aneh, terutama pada anak anjing.

Namun meski umumnya mengejar ekor sendiri tidak berbahaya dan hanya merupakan salah satu cara anjing bermain, mengejar atau menggigit ekor terus menerus bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah kesehatan maupun psikologis.

Baca juga: Mengibaskan Ekor hingga Menguap, Ini Arti Bahasa Tubuh Anjing

Dilansir dari Insider, berikut empat alasan mengapa anjing mengejar ekornya sendiri secara terus menerus.

Bosan

Menurut direktur teknisi regional di VCA Animal Hospitals Angela Logsdon-Hoover, anjing akan melakukan sesuatu yang membuatnya merasa bahagia, dan mengejar ekor adalah salah satunya.

Lama kelamaan, mengejar ekor ini bisa menjadi kebiasaan, terutama pada anjing dengan tingkat energi tinggi yang sering berada di dalam kandang atau kerap ditinggalkan sendiri dalam rumah untuk waktu yang lama.

Jadi, jika anjing terlalu sering mengejar ekornya, bukan hanya sesekali, ada baiknya untuk segera membawanya ke dokter atau pengamat perilaku hewan.

Dokter hewan bersertifikat dari VCA Animal Hospitals Alison Creighton mengatakan, kebiasaan tersebut bisa berbahaya saat mulai mengganggu keseharian anjing, seperti tidak bisa dialihkan perhatiannya dari kebiasaan tersebut,

Jika ini terjadi, segera bawa anjing ke dokter hewan untuk mencari penyebab dan memberi resep obat jika diperlukan.

Kesakitan

Karena anjing tidak bisa mengoleskan sesuatu ke tubuhnya sendiri saat merasa kesakitan, anjing bisa mencoba menggigit area yang terasa sakit itu, termasuk ekor.

Rasa sakit yang dirasakan anjing di ekornya bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai cedera traumatis hingga dipicu oleh beberapa kondisi kronis, radang sendi, alergi, atau masalah kelenjar dubur.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.