Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2023, 20:17 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Saat ini hampir semua barang bisa dibeli secara online. Meski begitu, membeli busana secara online masih memiliki beberapa kendala, misalnya soal ukuran yang mungkin tidak sesuai atau bahan yang tidak bisa dipegang langsung.

Selain itu banyaknya pilihan juga kerap membuat kita kebingungan mana yang paling cocok dengan gaya dan postur kita.

Namun ada aplikasi belanja online yang bisa membantu para pecinta fashion tanah air memilih busana yang pas dengannya.

Aplikasi tersebut bernama LiLi Style, yang kurang dari satu tahun dirilis sudah menempati peringkat 10 aplikasi e-commerce di Playstore Indonesia.

LiLi Style adalah platform aplikasi fashion wanita yang mengandalkan teknologi AI (artificial intelligence) dalam proses kurasi item di lebih dari 1.000 toko lokal yang disesuaikan dengan preferensi setiap pengguna.

Alih-alih menawarkan produk brand-brand besar, LiLi Style memanfaatkan teknologi AI untuk mempromosikan produk-produk fashion lokal dengan panduan segmentasi dan personalisasi style pengguna.

"Tim kami memanfaatkan resep sukses tentang bagaimana membangun perusahaan Unicorn di industri fashion untuk wanita (dengan nilai perusahaan lebih dari Rp 15triliun) di Asia," ujar James Yoo, CTO (Chief Technology Officer) LiLi Style.

"Sistem ini sudah membantu lebih dari 6.000 toko fashion mempromosikan penjualan online dengan memanfaatkan teknologi rekomendasi AI (Artificial Intelligence) untuk kurasi gaya, dan akan diterapkan di Indonesia.”

Teknologi kurasi ini adalah salah satu faktor yang membedakan LiLi Style dari aplikasi sejenis. Fitur ini juga disebut sangat populer dkalangan Milenial dan Gen Z yang lebih familiar dengan belanja online.

Dengan fitur ini, mencari baju di aplikasi menjadi mudah dan cepat, karena banyak rekomendasi dan pilihan produk dengan style serupa.

Diharapkan dengan adanya aplikasi LiLi Style, industri fashion lokal di Indonesia akan terbantu bisnisnya dalam transisi untuk berjualan online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com