Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 4 Langkah Membereskan Lemari Pakaian agar Lebih Rapi

Kompas.com - 03/04/2023, 17:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber InStyle

KOMPAS.com - Melihat lemari pakaian yang berantakan bisa membuat kita stres dan ingin segera membereskannya agar kembali terlihat rapi.

Kendati demikian, tidak semua pakaian yang menumpuk tersebut masih benar-benar kita pakai untuk aktivitas sehari-hari.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membereskan isi lemari pakaian, seorang stylist therapist Christina Stein merekomendasikan kita untuk mengidentifikasi pakaian mana saja yang masih bisa berada di lemari dan tidak.

"Memahami alasan di balik kegiatan bersih-bersih dapat mempersempit apa yang perlu kita fokuskan," kata Stein.

Baca juga: Tips Menata Lemari Pakaian Anak

"Hal ini juga dapat mengurangi stres karena kita memiliki niat dan rencana yang jelas," ujar dia.

Nah, para stylist lainnya juga membagikan sejumlah tips membereskan lemari pakaian agar terlihat lebih rapi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Menentukan personal style kita saat ini

Jika tujuan kita adalah mengubah lemari pakaian sehingga menjadi representasi akurat dari personal style kita, seorang celebrity stylist Rahimah Yoba merekomendasikan untuk menentukan lemari pakaian ideal kita.

"Jika kita ingin mendapatkan manfaat dari komponen visual, buatlah papan gaya virtual untuk busana kita saat ini," kata Yoba.

Sementara itu, personal style advisor di Mikado Personal Styling, Jordan Stolch juga menambahkan bahwa beberapa aplikasi di media sosial bisa menjadi sumber inspirasi yang bagus untuk kegiatan ini.

"Gaya adalah visual, jadi untuk mengetahui ke mana arah kita, akan sangat membantu jika kita melihatnya terlebih dahulu," kata Stolch.

"Saat kita ingin membereskan isi lemari, teruslah merujuk ke papan visual dan tanyakan pada diri kita sendiri apakah barang-barang yang dimaksud sesuai dengan gaya yang ingin kita ciptakan sendiri," jelas dia.

2. Identifikasi pakaian mana yang sering digunakan

Wardrobe stylist dan pendiri BuiltGracefully, Grace Thomas, mengatakan bahwa langkah pertama dalam setiap pembersihan lemari pakaian yang dilakukannya adalah mengumpulkan pakaian yang paling sering ia kenakan dan memisahkannya dari lemari pakaian lainnya.

"Cara sederhana untuk memikirkan hal ini adalah jika kita pergi makan malam atau berpakaian untuk bekerja, pakaian apa yang selalu kita kenakan pertama kali? Ini harus mencakup pakaian, sepatu, dan aksesori," kata Thomas.

Baca juga: 10 Tips Menata Lemari Pakaian agar Ruangannya Lebih Luas

"Kita juga bisa melihat warna, motif, siluet, dan gaya apa yang membentuk personal style kita saat ini dan ini akan membantu kita memilah pakaian yang lain dengan lebih cepat."

"Jika ada pakaian yang sudah tidak selaras dengan gaya kita, itu bisa menjadi alasan utama mengapa kita tidak mengenakannya lagi," terangnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com