BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Miss Mondial

Memaknai Idul Fitri dengan Menjadi Pribadi Lebih Baik, Yuk Lakukan 3 Hal Ini

Kompas.com - 23/04/2023, 13:00 WIB
Rindu Pradipta Hestya,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setelah menjalankan puasa Ramadhan selama 30 hari, umat Islam segera merayakan Idul Fitri atau Lebaran sebagai kemenangan melawan hawa nafsu.

Perayaan tersebut juga dimaknai sebagai “kembali suci” dan bersih dari segala dosa. Hal ini sesuai dengan makna Idul Fitri. Seperti diberitakan Kompas.com (25/5/2020), kata “id” berasal dari kata “aada-yauudu” yang berarti “kembali”, sedangkan kata “fitri” diartikan sebagai “suci”.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Foto untuk Lebaran 2023 biar Makin Ciamik

Maka tak heran, sebagian orang menjadikan Idul Fitri sebagai momen untuk mulai atau memiliki tekad menjadi pribadi yang lebih baik. Begitu juga dengan Anda, jangan menyia-nyiakan kesempatan tersebut ya. Anda bisa memulainya dengan mengikuti tiga tip berikut.

1. Introspeksi diri

Tahap pertama untuk menjadi pribadi baru yang lebih baik adalah dengan melakukan introspeksi diri. Proses ini dapat dilakukan dengan mengingat kekurangan dan kesalahan yang Anda lakukan selama ini.

Menurut seorang psikolog eksperimental Wilhelm Wundt, sebagaimana diberitakan Kompas.id, Sabtu (1/4/2023), introspeksi diri merupakan pengamatan diri dan pikiran seseorang untuk merenungkan apa yang terjadi.

Dari tahap itu, Anda dapat menyadari kesalahan yang dialami akibat dari perbuatan yang telah dilakukan. Selanjutnya, Anda harus mengevaluasi tindakan itu untuk dapat memperbaiki diri.
Ada beberapa tahap yang dapat dilakukan untuk berintrospeksi diri. Pertama, melakukan pemantauan diri dengan melihat apa yang ada di dalam pikiran Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan menyendiri di dalam ruangan, seperti berdoa atau meditasi.

Baca juga: Buas Menumpas: Introspeksi yang Mati

Kedua, ajukan pertanyaan kepada diri sendiri, seperti "mengapa dan apa yang Anda rasakan?". Cara ini dapat membantu Anda mengetahui diri secara lebih dalam dan apa yang diinginkan.

Ketiga, membuat jurnal. Cara ini dapat membantu Anda untuk menyadari apa yang dialami selama ini dan membantu mengenali diri sendiri. Proses ini juga membantu Anda untuk mengetahui kesalahan yang telah dilakukan, baik kepada diri sendiri maupun orang lain.

2. Maafkan diri sendiri

Saat Lebaran, kebiasaan yang dilakukan adalah meminta maaf kepada orang lain, seperti orangtua, pasangan, dan kerabat. Namun, apakah Anda pernah terpikir untuk memaafkan diri sendiri?

Anda pasti pernah melakukan kesalahan dan akhirnya menyalahkan diri sendiri. Lalu, Anda sering kali menyesal, marah, sedih, dan terluka akibat kesalahan itu.

Sebenarnya, merasakan emosi tersebut merupakan hal wajar saat berbuat salah. Akan tetapi, Anda tidak boleh memendam dan membiarkan emosi itu terlalu lama. Sebab, hal ini dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik.

Baca juga: Bukan Hanya Tradisi Lebaran, Saling Memaafkan Punya Manfaat Kesehatan

Dengan alasan itu, sudah selayaknya Anda memaafkan diri sendiri saat Lebaran. Diberitakan Kompas.com, Senin (2/5/2022), memaafkan diri sendiri dapat dimulai dengan menerima apa yang telah terjadi dan menunjukkan belas kasih kepada diri Anda sendiri.

Selanjutnya, Anda harus merasakan rasa bersalah dan mengakui hal yang telah terjadi. Perasaan ini dapat membantu Anda untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Jadi pribadi baru

Setelah berintrospeksi diri dan memaafkan diri sendiri, tahap selanjutnya adalah menjadi pribadi yang baru. Anda dapat memulainya dengan melakukan kebiasaan baru, rajin beramal, dan memperbaiki ibadah setelah Lebaran.

Agar semakin termotivasi menjadi pribadi baru, Anda juga bisa mengganti penampilan dengan mencoba bereksperimen untuk sekadar mengapresiasi diri. Misalnya, dengan mengganti gaya, menggunakan warna pakaian yang belum pernah dipakai sebelumnya, atau dengan berani memakai perhiasan.

Baca juga: 7 Aplikasi Edit Foto untuk Lebaran 2023 biar Makin Ciamik

Dengan penampilan baru, Anda akan makin percaya diri dan lebih berani mengejar mimpi. Anda juga bisa mengapresiasi diri dengan menggunakan perhiasan dari MONDIAL Dreams.

Sebagai informasi, cincin berlian wanita dari MONDIAL Dreams terinspirasi dari keinginan kuat dan kepercayaan diri seseorang untuk memiliki mimpi besar. Layaknya sebuah berlian, untuk meraih mimpi, MONDIAL meyakini bahwa setiap orang akan menghadapi banyak tantangan dan melewati perjalanan panjang.

Namun, semua hal itu akan terasa bermakna jika Anda berani menjadi seseorang yang kuat dan berbeda ketimbang orang lain. Dengan desain berlian yang mewah sebagai ciri utamanya, MONDIAL Dreams juga mewakili impian yang bisa Anda capai.

MONDIAL Dreams sendiri hadir dalam tujuh koleksi. Pertama, I Dream of MONDIAL yang terdiri dari Fashion Fancy Tennis yang terdiri dari tiga cincin emas wanita dan dua anting-anting berlian unik.

Fancy Stack Ladies Ring. (Dok. MONDIAL)CMK Fancy Stack Ladies Ring. (Dok. MONDIAL)

Kedua, MONDIAL X Naufal Abshar yang menghadirkan Regular Timeless Tennis Ring dengan round diamond dan Fancy Timeless Tennis Rings dengan fancy shape diamonds.

Ketiga, Fancy Stack Ladies Ring yang terdiri dari lima unique diamond ring. Adapun kelimanya masing-masing menggunakan round shape, pear shape, marquis, dan princess diamond.

Keempat, Dream Twist Ladies Ring yang berhiaskan 17 buah marquise diamond dan satu buah MEC. Kelima, Fancy Listring Ladies Ring yang terdiri dari enam signature ring yang masih-masing berhiaskan round baguette, oval, pear, dan oval shape diamond.

Keenam, Fancy Bezel Tennis Ladies Ring yang terdiri dari tiga new collection ring. Ketujuh, Dream Fancy Bangle dengan gelang berlian modern berhiaskan 53 butir round diamond.

Dream Twist Ladies Ring. (Dok. MONDIAL)
CMK Dream Twist Ladies Ring. (Dok. MONDIAL)

Selain cincin emas wanita, MONDIAL juga menghadirkan-anting anting berlian unik lewat koleksi MONDIAL Dreams Earrings. Koleksi ini terdiri dari enam Dream Fancy Ear Cuff.

MONDIAL Dreams Earrings. (Dok. MONDIAL)CMK MONDIAL Dreams Earrings. (Dok. MONDIAL)

Selanjutnya, MONDIAL Dreams Necklace dengan enam kalung berhiaskan liontin berlian terbaru.

Anda juga dapat mencari cincin emas wanita dari lini Frank Gold. Lini Frank Gold menghadirkan perhiasan unik, seperti Geometric Earrings, Geometric Ring Collection, dan Geometris Bangle Collection dengan desain geometri berwarna rose gold.

Ada juga Grande Collection jika Anda ingin mencoba penampilan trendi. Anda juga dapat memilih Sleek Twist Collection dan Deer Charm Mirror Bracelet.

Informasi lengkap mengenai MONDIAL Dreams dapat diakses melalui situs resmi dan Instagram MONDIAL. 


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com