Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2023, 11:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Mencegah ular masuk ke dalam rumah diperlukan langkah-langkah yang proaktif seperti tetap menjaga kerapian dan menghindari dekorasi tertentu.

Selain itu, menjauhkan ular dari rumah juga bisa dilakukan dengan menghilangkan masalah hewan pengerat dan memastikan kita tidak memberikan jalan masuk yang mudah bagi reptil dengan lubang atau retakan pada fondasi.

Tetapi, jika kita ingin melakukan upaya lebih, kita mungkin dapat memasukkan beberapa bau atau aroma yang paling dibenci oleh ular.

Baca juga: Benarkah Ular Menggigit Ekornya Sendiri?

"Meskipun ular tidak memiliki indera penciuman tradisional seperti mamalia, hewan ini tetap dapat mendeteksi bahan kimia di lingkungan melalui proses yang disebut chemoreception," kata seorang ahli ular dan pendiri Pest Control Weekly, A.H. David.

"Ular akan menggunakan lidahnya untuk mengambil sampel partikel di udara, yang kemudian dianalisis dengan organ di mulut, yang disebut organ Jacobson (atau juga dikenal sebagai organ vomeronasal)," terangnya.

Kendati demikian, para ahli memperingatkan bahwa banyak barang yang dijual sebagai "pengusir ular" jarang sekali efektif.

Namun, masih ada beberapa pilihan alami yang mungkin sudah ada di sekitar rumah kita yang dapat memberikan hasil yang mengesankan.

Baca juga: Terapi Ular untuk Bantu Pemulihan Penyandang Disabilitas

Aroma yang bisa mengusir ular dari rumah

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak sejumlah aroma yang bisa mengusir ular dari rumah, berikut ini.

1. Kayu manis dan cengkeh

Bagi manusia, aroma kayu manis atau cengkeh yang segar biasanya menjadi pertanda bahwa ada makanan lezat yang sedang dipersiapkan.

Namun, menurut para ahli, ular memiliki reaksi yang berlawanan terhadap rempah-rempah ini.

"Sebenarnya, ular memiliki indera penciuman yang kuat, yang digunakan untuk menemukan sumber makanan yang dapat diakses," ungkap pemilik Rosenbloom Pest Control, Sholom Rosenbloom.

Kita dapat memanfaatkan sifat ini dengan menggunakan aroma yang tidak disukai ular seperti kayu manis dan minyak cengkeh.

"Penelitian telah dilakukan terhadap ular pohon coklat dan terbukti bahwa minyak kayu manis dan minyak cengkeh efektif untuk mengusir spesies ini," ujar dia.

"Tapi, jika kita berencana menggunakan minyak kayu manis atau cengkeh untuk mengusir ular, gunakan saja di area yang tidak dapat diakses oleh hewan peliharaan lain," sebut dia.

Baca juga: Hindari, 8 Kebiasaan yang Bisa Menarik Ular Masuk ke Rumah

2. Cuka

Cuka tidak hanya berfungsi ganda sebagai pembersih alami, tetapi juga berfungsi sebagai pengusir ular.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com