Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyambut Tahun Naga Kayu 2024: Kepribadian, Karier, dan Cinta Sang Naga

Kompas.com - 25/01/2024, 12:50 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Sudah hampir waktunya bagi Naga --makhluk paling vital dan kuat dalam zodiak Tiongkok--  untuk bersinar saat kita memasuki tahun baru Imlek pada tanggal 10 Februari 2024. Menurut astrologi Tiongkok, tahun 2024 akan dirayakan sebagai 'Tahun Naga Kayu'.

Shio Naga adalah hewan ke-lima dalam siklus zodiak Cina. Siklus ini berulang 12 tahun di mana setiap tahun diwakili oleh seekor binatang. 

Urutan shio sendiri dibuat berdasarkan legenda yang menyatakan bahwa semua makhluk di Bumi dipanggil untuk berpartisipasi dalam perlombaan oleh Kaisar Langit.

Adapun 12 hewan pertama yang mencapai garis finis akan menerima status 'tanda zodiak Tiongkok' dan menjadi bagian dari astrologi Tiongkok. Naga adalah hewan yang finish urutan ke-lima.

Baca juga: Makna dan Pengaruh Naga dalam Budaya Tiongkok

Nah, menjelang Tahun Naga Kayu 2024, berikut hal-hal menarik tentang shio Naga dan pengaruhnya terhadap keberuntungan menurut astrologi Tiongkok.

Tahun Naga Kayu 2024 dalam zodiak Tionghoa

Ciri-ciri kepribadian unik dari Naga Kayu

Menurut teori elemen Tiongkok, setiap shio terkait dengan salah satu dari lima unsur utama: Emas (Logam), Kayu, Air, Api, atau Tanah. Naga Kayu, seperti semua Naga dengan elemen lainnya, muncul sekali dalam 60 tahun. 

Orang yang lahir di Tahun Naga Kayu (1964, 2024 dan seterusnya) dianggap sebagai makhluk yang sangat kreatif dan ingin tahu, suka menjelajahi berbagai jalan hidup sehingga membuat mereka menjadi sangat terbuka dan liberal.

Adapun Tahun Naga Kayu 2024 mendatang akan dimulai pada 10 Februari 2024 hingga 28 Januari 2025.

Selalu penuh dengan dorongan dan motivasi, Naga Kayu ditakdirkan menikmati karier yang memuaskan. Mereka cenderung mewujudkan semua ambisi mereka ke dalam tindakan, menghasilkan ide-ide yang benar-benar revolusioner yang menjadikan mereka ahli dalam bidangnya. 

Berbeda dengan orang-orang kelahiran Naga dengan elemen lainnya yang sering dianggap angkuh dan sombong, Naga Kayu tumbuh dalam kerendahan hati. Meskipun mereka kelak menjadi pemimpin yang kuat, namun Naga Kayu tetap mau mendengarkan nasihat dari orang-orang yang mereka percayai.

Para pemimpin alami ini umumnya memiliki kharisma yang menarik perhatian ketika mereka masuk ke sebuah ruangan, dan sangat sulit untuk tidak terintimidasi oleh mereka. 

Menjadi lambang kekuatan dan kesuksesan, menurut keyakinan Tiongkok, orang dengan shio Naga diprediksi akan keluar sebagai pemenang meskipun mereka terjun ke bisnis berisiko tanpa berpikir panjang.

Baca juga: Keistimewaan Lahir di Tahun Naga, Diprediksi Bakal Raih Kesuksesan

Atraksi liong memeriahkan perayaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival (CGM-BSF) 2023 di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (5/2/2023). Atraksi seni budaya seperti Ogoh-ogoh dari Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon, Ondel-ondel Betawi, Reog Ponorogo, serta belasan pertunjukan dari sanggar kesenian dari Jawa Barat dan sekitarnya memeriahkan acara ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Atraksi liong memeriahkan perayaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival (CGM-BSF) 2023 di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (5/2/2023). Atraksi seni budaya seperti Ogoh-ogoh dari Bali, Kendang Beleq dari Lombok, dan Bouraq dari Cirebon, Ondel-ondel Betawi, Reog Ponorogo, serta belasan pertunjukan dari sanggar kesenian dari Jawa Barat dan sekitarnya memeriahkan acara ini.

Kekuatan Naga Kayu 2024

Naga Kayu sangat lincah dan antusias, menawan dalam lingkunan sosialnya karena menjadi sosok yang penuh rasa percaya diri. Mereka dengan cepat memanfaatkan setiap peluang. Naga tidak mudah putus asa saat menghadapi kesulitan (walaupun kegagalan akan melemahkan ego mereka). 

Mereka yang berada dalam naungan shio ini agak perfeksionis dengan selalu mempertahankan standar tinggi yang mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri.

Banyak di antaranya memiliki pemikiran untuk mencoba mengubah dunia dengan ide hebat. Shio ini juga dianggap sibuk membangun legacy, sehingga tidak punya waktu untuk bergosip, fitnah, atau bersikap munafik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com