Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Menghilangkan Tinta Pemilu di Jari dengan Mudah 

Kompas.com - 15/02/2024, 14:51 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Hommedmag

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia baru saja mengikuti pesta demokrasi Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024) kemarin. Sebagai tanda sudah menggunakan hak pilihnya, warga mencelupkan salah satu jari pada tinta. 

Jangan khawatir, kamu bisa menghilangkan tinta Pemilu di jari dengan mudah. Berikut cara menghilangkan tinta Pemilu di jari, dilansir dari Homeedmag

Baca juga: Gaya Stylish Menlu Retno Saat Mencoblos, Pakai Kemeja Baby Doll

Baca juga: Intip Gaya Para Capres dan Cawapres Saat Mencoblos

1. Aseton 

Pertama, kamu bisa menggunakan aseton, khususnya pada bagian kuku. Melansir dari Kompas.com (28/2/2021), aseton adalah senyawa keton paling sederhana yang memiliki nama kimia dimetil keton. 

Tak hanya menghapus cat kuku, aseton juga dapat membantu menghapus tinta Pemilu. Selain itu, aseton berfungsi untuk pelarut vernis, pembuatan plastik, serat, obat, dan bahan kimia lainnya.

Namun, kamu harus berhati-hati lantaran cairan ini sifatnya mudah terbakar. Selain itu, pastikan memakai aseton dalam jumlah secukupnya karena baunya dapat berdampak pada paru-paru dan selaput lendir.

2. Baby oil 

Kamu juga bisa menghilangkan tinta Pemilu di jari menggunakan baby oil. Caranya, tuang baby oil di kapas, kemudian gosok perlahan ke permukaan jari yang terkena tinta Pemilu. 

Ulangi hingga jarimu bersih dari tinta Pemilu. Kemudian, bilas menggunakan sabun dan air.  

3. Pasta gigi

Ternyata, tinta Pemilu dapat dihilangkan menggunakan bahan sederhana di rumah. Salah satunya adalah pasta gigi. 

Dikutip dari Kompas.com (28/11/023), caranya dengan mengoleskan pasti gigi di area jari yang akan dibersihkan. Pastikan kamu menggunakan pasta gigi putih, bukan berwarna. 

Biarkan pasta gigi mengering selama beberapa menit. Kemudian, bilang menggunakan sabun dan air.

4. Air lemon dan garam

Air lemon terkenal dapat membantu membersihkan noda membandel, termasuk tinta Pemilu. Caranya buat campuran air lemon dan garam. 

Kemudian, celupkan jari yang terkena tinta Pemuli di larutan tersebut selama beberapa menit. Gosok tangan dengan sabun, dan bilas dengan air bersih. 

Sebagai alternatif, kamu bisa mencampur air lemon dengan baking soda. 

5. Sabun 

Sabun merupakan cairan pembersih yang paling mudah kita jumpai di rumah. Agar noda tinta Pemilu bisa hilang, pakailah sabun dan air hangat. 

Gosok perlahan jari yang terkena tinta Pemilu. Jika sabun dan air hangat belum bisa membersihkan tinta Pemilu secara menyeluruh, kamu bisa menggunakan bahan-bahan pembersih lainnya, seperti yang tertera dalam artikel ini. 

Halaman:
Sumber Hommedmag
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com