Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Stunting, Perhatikan Kandungan Susu untuk Anak

Kompas.com - 21/02/2024, 13:08 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stunting masih banyak terjadi di Indonesia.

Ketika anak mengalami stunting, tinggi badan anak lebih pendek dari standar usianya. Hal ini terjadi karena kebutuhan gizi anak tak terpenuhi dalam waktu lama. 

Masalah stunting juga tak hanya sebatas soal tinggi badan. Dalam jangka panjang, anak juga bisa mengalami penurunan fungsi kognitif dan kemampuan belajar, lebih mudah sakit, hingga berisiko terserang berbagai penyakit. 

Baca juga:

Memerhatikan kandungan susu juga bisa menjadi salah satu upaya pencegahan stunting.

Pasalnya, susu merupakan salah satu pelengkap nutrisi yang baik untuk pertumbuhan si kecil.

Kandungan susu untuk bantu cegah stunting

Ahli Gizi Esti Nurwanti, S.Gz, MPH, RD, PhD saat diwawancarai awak media seusai acara peluncuran susu formula anak HealthyWay Kids, di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024). KOMPAS.com/Chrisstella Efivania Rosaline Ahli Gizi Esti Nurwanti, S.Gz, MPH, RD, PhD saat diwawancarai awak media seusai acara peluncuran susu formula anak HealthyWay Kids, di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

Untuk membantu mencegah stunting, orangtua perlu teliti dalam melihat kandungan asupan anak. Termasuk salah satunya susu.

Ahli gizi Esti Nurwanti menyebutkan, salah satu kandungan yang baik adalah FOS Inulin.

Diketahui, FOS Inulin punya fungsi memperbanyak bakteri baik di sistem pencernaan, sehingga bisa melawan bakteri jahat yang menghambat penyerapan nutrisi. 

“FOS Inulin ini berperan sebagai prebiotik yang efektif meningkatkan jumlah probiotik."

"FOS Inulin juga bisa melawan bakteri jahat di sistem pencernaan, sehingga kandungannya bisa melawan penyebab penyakit. Karena itu juga, si kecil jadi enggak gampang sakit,” ujar Esti dalam konferensi pers HealthyWay Kids di kawasan Jakarta Selatan, Senin (19/2/2024).

Baca juga:

Masalah stunting, kata Esti, ada kaitannya dengan kesehatan sistem pencernaan.

Ia menyebutkan, 70 persen sistem imunitas tubuh dipengaruhi oleh kesehatan saluran pencernaan. 

“Jadi, dengan memastikan sistem pencernaan si kecil sehat, salah satunya dengan konsumsi susu tinggi FOS Inulin, biar risiko stunting bisa dicegah sedini mungkin,” lanjut Esti. 

Ia menambahkan, kesehatan sistem pencernaan sangat penting, bahkan ketika asupan makanan dan minuman anak sebetulnya sudah cukup baik.

“Mau makan makanan atau minuman berkualitas sekali pun, kalau memang sistem pencernaan enggak sehat, si kecil enggak akan tercukupi nutrisinya,” tambahnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com