Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Padu Padan Kain Tenun untuk Perempuan, Aksesori Jadi Pemanis

Kompas.com - 12/03/2024, 13:13 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi para perempuan pecinta fashion, memadupadankan kain tenun untuk penampilan sehari-hari mungkin menjadi tantangan. 

Misalnya, untuk mengombinasikannya dengan gaya pribadi tanpa terlihat kuno atau berlebihan.

Nah, untuk kamu yang ingin tampil anggun dengan sentuhan kain tradisional. Aliya Rajasa, Marketing Communication Cita Tenun Indonesia memberikan beberapa tips yang berguna untuk kamu yang ingin tampil memukau dengan kain tenun.

Baca juga:

Tips padu padan kain tenun untuk perempuan

1. Pilih model tenun yang cocok

Hal pertama adalah pentingnya memilih model tenun yang sesuai dengan kebutuhan kita dan nyaman untuk dikenakan.

"Pilihlah kain tenun yang bisa dijadikan blus atau atasan yang nyaman dan tetap terlihat elegan," ujar Aliya Rajasa pada Kompas.com di Mall Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (08/03/2024).

Dengan demikian, selain tampil modis dalam berbagai kesempatan, kita juga tetap nyaman dalam beraktivitas.

Baca juga: Tips Memakai Kain Batik untuk Pria agar Lebih Elegan dan Stylish

2. Pilih warna yang sesuai

Warna memegang peranan penting dalam penampilan kamu. Aliya menyarankan untuk memilih warna-warna lembut yang mudah dipadupadankan dengan busana lain.

"Warna-warna soft seperti pastel atau earth tone akan memberikan kesan yang lembut dan cocok untuk dipakai sehari-hari," tambahnya.

3. Kombinasikan tenun

Model Menampilkan busana bertajuk ALTERKULTUR oleh Cita Tenun Indonesia feat Amotsyamsurimuda, Danjyo Hiyoji & Priyo Oktaviano, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (03/03/2024).KOMPAS.com/NAZLA UFAIRA SABRI Model Menampilkan busana bertajuk ALTERKULTUR oleh Cita Tenun Indonesia feat Amotsyamsurimuda, Danjyo Hiyoji & Priyo Oktaviano, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (03/03/2024).

Untuk menciptakan gaya yang berbeda, kamu bisa mengombinasikan kain tenun dengan rok, celana pendek, atau celana longgar.

"Kain tenun dapat dijadikan sebagai rok untuk tampilan yang feminin, atau dipadukan dengan short pants atau celana loose untuk kesan yang lebih santai namun tetap anggun," ucap putri dari Hatta Rajasa itu.

Baca juga: 3 Tips Memakai Batik agar Tidak Terlihat Jadul

4. Tambahkan aksesori

Aksesori bisa menjadi pemanis dalam penampilan. Aliya menyarankan untuk menambahkan aksesoris yang sesuai dengan kain tenun yang dipakai.

"Bisa memilih aksesoris seperti kalung atau anting-anting dengan warna atau motif yang senada dengan kain tenun yang dipakai untuk menambah kesan anggun," paparnya.

5. Percaya diri

Tak kalah penting adalah percaya diri dalam memakai pakaian yang kamu pilih.

"Sebagai seorang perempuan, percayalah bahwa kita tetap cantik dan anggun dengan kain tenun yang kita pakai. Keyakinan diri adalah kunci untuk tampil memukau," tegas Aliya.

Baca juga: Jeng Yah Jadi Inspirasi pada Koleksi Batik Keris x Wilsen Willim

Dengan mengikuti tips dari Aliya Rajasa ini, kamu bisa memadupadankan kain tenun dengan gaya yang modis dan sesuai dengan kepribadian kamu. Jadilah inspirasi bagi orang lain dalam memperkenalkan keindahan kain tenun dalam gaya sehari-hari.

@kompas.lifestyle Buat kamu nih yang sering bingung untuk mix and match baju, nih Sivia Azizah punya tips simpel buat kamu! #siviazizah #mixandmatch #fashion #lifestyle ? Lil Boo Thang - Paul Russell
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com