Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Hanya Orang Introvert yang Merasa Cemas Ikut Bukber?

Kompas.com - 13/03/2024, 18:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buka puasa bersama (bukber) ternyata dapat menimbulkan perasaan cemas bagi sebagian orang.

Terutama orang-orang yang memiliki tipe kepribadian introvert, berkumpul dengan banyak orang mungkin bisa menyebabkan mereka kelelahan dan juga kehabisan energi.

Lantas, apakah sebenarnya hanya orang introvert yang cenderung mengalami kecemasan saat menghadiri acara bukber?

Menurut psikolog Meity Arianty STP, MPsi, orang-orang introvert umumnya akan merasa cemas ketika menghadiri acara bukber.

Sebab, orang dengan tipe kepribadian ini biasanya kurang nyaman bila berada di antara orang banyak dan di tempat umum sehingga mereka perlu mempersiapkan diri secara ekstra.

"Makanya, untuk orang-orang introvert memang perlu lebih siap dengan segala kemungkinan. Misalnya, pertanyaan yang akan diajukan atau perilaku yang kemungkinan akan membuat ketidaknyamanan, dan lain sebagainya," ungkap Meity saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/3/2024).

Baca juga: 5 Alasan Orang Merasa Cemas Ikut Bukber, Apa Saja?

Di sisi lain, kecemasan tidak hanya bisa dialami oleh orang-orang introvert, melainkan juga mereka yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert.

Psikolog klinis Tiara Puspita mengatakan bahwa rasa cemas tidak hanya dialami oleh introvert, tetapi bisa juga terjadi pada ekstrovert, tergantung pada pengalaman dan preferensi personal.

Terlepas dari tipe kepribadian seseorang, apabila ada yang merasa canggung atau cemas ketika menghadiri acara bukber, Tiara pun menyarankan untuk memilih acara bukber dengan kelompok yang lebih kecil.

Hal ini juga bisa dilakukan bersama teman-teman atau sanak saudara yang terdekat saja untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman.

Baca juga: 4 Tips Mengurangi Rasa Cemas Saat Hadir di Acara Bukber

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com