Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Hidrasi Saat Ingin Olahraga Ketika Puasa

Kompas.com - 15/03/2024, 05:35 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berpuasa adalah kegiatan menahan nafsu, termasuk makan dan minum selama kurang lebih 13 jam per hari. Sementara itu tubuh tetap memerlukan aktivitas dan membutuhkan asupan cairan.

Apalagi bagi yang rutin melakukan olahraga, cairan sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga hidrasi pada tubuh. Meskipun dehidrasi yang ditimbulkan mungkin ringan dan tidak menimbulkan dampak serius, namun tetap tidak boleh disepelekan.

Pasalnya dehidrasi bisa menimbulkan gejala seperti pusing, lemas, dan sakit kepala. Tentu hal tersebut dapat menggangu kegiatan sehari-hari selama berpuasa, dan aktivitas menjadi tidak maksimal.  

Lalu bagaimana mengatasinya?

Dr. Maria Lestari BMedSc, PGDipSEM, SpKO menyarankan untuk minum lebih dari 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air guna menjaga hidrasi tubuh saat melakukan olahraga sambil berpuasa.

“Untuk menjaga hidrasi, saat berbuka puasa, pastikan untuk minum sedikitnya dua gelas air putih sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (12/3/2024).

Dua gelas air tersebut bisa diminum setelah adzan maghrib dan setelah adzan isya.

Baca juga: Olahraga Saat Berpuasa? Ini Makanan yang Harus Dikonsumsi

Selanjutnya dr. Maria menyarankan untuk meminum air secara berkala di waktu waktu berikutnya sesuai dengan kebutuhan.

Jika hidrasi tercukupi, tubuh akan berfungsi lebih baik secara umum. Ini termasuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mendukung fungsi organ, meningkatkan energi, dan meningkatkan konsentrasi serta fokus. Kondisi ini sangat bagus untuk berolahraga dan menjalani aktivitas sehari-hari.

“Alangkah bagus jika minum air mineral lebih dari 8 gelas per hari,” tuturnya.

Selain itu dr. Maria juga mengatakan bahwa tidak ada jenis olahraga yang harus dihindari, namun kita perlu memperhatikan intensitas dan durasinya sesuai dengan kondisi tubuh.

“Sebenernya tidak ada yang harus dihindari karena olahraga apapun baik, akan tetapi intensitas, durasi, dan frekuensi dari olahraga tersebut yang harus diatur sesuai dengan keadaan tubuh saat itu,” ujarnya.

Baca juga: 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan Setelah Berbuka Puasa

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com