Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2024, 08:08 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Model rambut dapat menonjolkan fitur dan bentuk wajah alami. Gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah, akan membuatmu tampil menawan.

Jika kamu memiliki bentuk wajah bulat, gaya rambut seperti apa yang paling cocok?

Nah, pemilik wajah bulat memang harus menyesuaikan gaya rambutnya, tidak asal mengikuti tren. Salah-salah potongan rambut tertentu malah membuat pipi kita semakin chubby, dan wajah makin bulat.

Perlu diketahui, wajah yang bulat memiliki bagaian pipi yang lebar dan garis rahang yang lebih lembut atau halus, seperti selebriti Emma Stone, Mila Kunis, Kate Bosworth dan Drew Barrymore.

Mereka memiliki potongan rambut yang berbeda, namun dibuat agar nampak serasi dengan bentuk wajahnya.

Baca juga: 7 Inspirasi Model Rambut Wanita yang Cocok untuk Wajah Bulat

Lalu bagaimana caranya menentukan gaya rambut yang tepat untuk wajah bulat? Melansir dari realsimple.com ada 6 potongan rambut yang cocok untuk wajah bulat.

1. Blunt Cut

Ilustrasi Blunt Cutfreepik Ilustrasi Blunt Cut

Potongan blunt cut memiliki panjang yang sama, lurus, dan akan terlihat rapi. Lacy Gadegaard, yang memiliki salon Laced Hair Extensions, merekomendasikan potongan ini untuk wajah bulat.

"Potongan rambut seperti blunt bisa membuat wajah terlihat lebih simetris, menampilkan dagu dan rahang dengan lebih jelas. Jika ingin membuat wajah terlihat lebih panjang dan fokus pada dagu, coba potong rambut tepat di bawah dagu,” jelasnya.

2. Menambahkan Poni

Ilustrasi gaya rambut dengan ponifreepik Ilustrasi gaya rambut dengan poni

Dengan menambahkan poni penampilan akan berbeda khususnya untuk wajah bulat.

“Poni dapat mengalihkan perhatian dari garis rahang, yang merupakan bagian wajah terlebar,” kata Shelly Aguirre, penata rambut di Maxine Salon, Chicago, Ill.

Poni juga dapat menonjolkan bagian wajah yang lain seperti mata dan tulang pipi. Namun jika ingin hasil yang diinginkan poni harus di rawat dengan rutin trim ujungnya.

3. Medium Shaggy

ilustrasi shaggyfre ilustrasi shaggy

Potongan rambut yang klasik seperti shaggy juga bisa menjadi pilihan yang tepat, karena membuat tampilan menjadi semakin stylish dan modis. Potongan ini juga bisa mengalihkan sudut rahang yang lembut pada wajah bulat.

Menurut Nunzio Saviano, seorang penata rambut, gaya rambut medium shaggy dengan poni samping yang menonjolkan tulang pipi sangat cocok untuk wajah bulat.

"Potongan tersebut memberikan volume di bagian atas kepala dan membantu menyeimbangkan fitur wajah, memberikan kesan lebih panjang pada wajah,” ujarnya.

Baca juga: Potongan Rambut Pendek yang Cocok untuk Wajah Bulat, Mau Coba?

4. Belah Samping

Ilustrasi rambut dengan belahan di pinggirfreepik Ilustrasi rambut dengan belahan di pinggir

Memakai belah samping pada rambut di wajah yang bulat akan memberikan volume yang lebih dibandingkan dengan belah tengah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com