Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menata Gaya Rambut Korean Wave agar Lebih Awet

Kompas.com - 04/12/2023, 17:37 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Korean wave menjadi salah satu tren gaya rambut ala Korea yang masih terus diminati sampai saat ini.

Selain bisa menciptakan tampilan yang cantik secara alami, proses menata gaya rambut yang minimalis ini juga tidak sulit dan hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Ditemui dalam acara peluncuran kombinasi warna spesial Dyson Ceramic Pop di Mal Pondok Indah 3 (PIM 3), Jakarta, Alia Karina selaku Dyson Expert pun menjelaskan lebih lanjut mengenai tips menata gaya rambut Korean wave dan membuatnya agar lebih awet sebagai berikut.

Tips menata gaya rambut Korean wave

Pertama-tama sebelum memulai menata rambut, Alia merekomendasikan supaya rambut tetap dijaga kelembapannya.

Artinya, proses pengeringan rambut tidak boleh terlalu kering dan masih agak sedikit basah.

"Untuk yang rambutnya cepat kering mungkin bisa dikeringkan dengan panduan 70 persen kering dan 30 persen basah," ujar Alia, Jumat (1/12/2023) lalu.

"Sedangkan bagi yang rambutnya tidak cepat kering, maka bisa rambut bisa dikeringkan dengan 80 persen kering dan 20 persen basah."

"Karena kalau kondisi rambut lembap itu gaya rambut Korean wave akan lebih cepat jadi dan awet. Secara umum, rambut kita juga akan lebih mudah dibentuk ketika dalam keadaan basah," jelas dia.

Peluncuran kombinasi warna spesial Dyson Ceramic Pop di Mal Pondok Indah 3 (PIM 3), Jakarta, Jumat (1/12/2023)KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Peluncuran kombinasi warna spesial Dyson Ceramic Pop di Mal Pondok Indah 3 (PIM 3), Jakarta, Jumat (1/12/2023)

Setelah pengeringan, kita bisa menggunakan Dyson Airwrap multi-styler untuk proses styling rambut, membentuknya menjadi Korean wave.

"Gunakan alat curling untuk membentuk wave di bagian bawah rambut," kata Alia.

Pada jenis rambut yang halus dan lurus Korean wave mungkin tidak akan bertahan lama, sehingga ia menyarankan untuk memakai barrel yang lebih kecil (30 mm) sementara untuk rambut yang tebal dan bergelombang bisa menggunakan barrel yang lebih besar.

"Setelah wave terbentuk, pastikan kita menambahkan produk rambut lainnya, seperti hair spray, hair mousse, atau hair cream, supaya efek gelombangnya lebih tahan lama dan juga tampak bercahaya," terangnya.

Ditenagai dengan Dyson digital V9 motor, Dyson Airwrap multi-styler memanfaatkan fenomena aerodinamis yang disebut efek Coanda. Alat ini bekerja dengan cara menarik dan melekatkan rambut ke barrel atau brush.

Dengan Intelligent Heat Control, temperatur aliran udara juga diukur lebih dari 40 kali per detik, yang mengatur panas agar tetap berada di bawah 150 derajat celsius dan mencegah kerusakan akibat panas ekstrem.

"Jadi kalau untuk penataan rambut, alat ini sudah aman, tidak membuat rambut kering. Tapi saya tetap anjurkan penggunaan produk perawatan rambut untuk meningkatkan hasilnya," ungkap Alia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com