Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Han So Hee dan Ryu Jun Yeol Pacaran, Kenapa Netizen Suka Berita Kontroversial Artis?

Kompas.com - 24/03/2024, 14:54 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berita kontroversial para artis tampaknya selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk diperbincangkan oleh netizen.

Belum lama ini, dua artis peran asal Korea Selatan, Han So Hee dan Ryu Jun Yeol, dikabarkan telah berpacaran.

Padahal, Ryu Jun Yeol baru beberapa bulan lalu mengakhiri hubungan cintanya dengan aktris Hyerin, kekasihnya selama 7 tahun.

Baca juga:

Hal tersebut sontak menguatkan dugaan netizen bahwa Han So Hee dan Ryu Jun Yeol terlibat skandal perselingkuhan.

Netizen kemudian membanjiri akun media sosial keduanya dengan hujatan dan ujaran kebencian karena menilai apa yang dilakukan mereka itu salah dan melukai Hyerin.

Terlepas dari masalah itu, mengapa masih banyak netizen yang suka dengan berita-berita kontroversial artis dan cenderung ikut campur mengurusinya? Berikut penjelasannya dari psikolog.

Kenapa netizen suka berita kontroversial artis?

Ketertarikan netizen pada berita-berita kontroversial artis sebenarnya hal yang biasa terjadi.

Menurut psikolog klinis Tiara Puspita, ini bisa disebabkan karena drama dalam kehidupan artis yang mereka ikuti tersebut dapat memberikan sensasi.

Tak hanya itu, Tiara mengatakan, netizen juga kerap mengikuti berita kontroversial para artis karena dapat membuat mereka merasa terlibat dalam kehidupan pribadi artis dan memberikan hiburan tambahan dalam kehidupan sehari-hari.

"Semakin banyak drama dalam cerita selebriti tersebut dan semakin populer sosok selebriti yang mengalami drama, maka semakin tinggi juga minat netizen untuk mengikuti cerita atau drama yang sedang terjadi," terang Tiara kepada Kompas.com melalui jawabannya tertulisnya, Kamis (21/3/2024).

Baca juga:

Sementara itu, psikolog Meity Arianty STP, MPsi, juga mengungkapkan hal yang senada.

Menurut dia, segala hal tentang kehidupan artis akan menjadi daya tarik bagi netizen, apalagi yang menyangkut percintaan.

"Secara psikologis, kecenderungan orang-orang akan tertarik dengan gosip, terlebih jika itu menyangkut artis idola mereka," jelasnya.

Maka, untuk tidak terlalu dalam mengikuti berita-berita kontroversial artis, psikolog pun menyarankan pentingnya membatasi diri dan meningkatkan self awareness atau kesadaran diri.

@kompas.lifestyle Kalau kalian, lebih suka ngatur jadwal bukber, atau lebih suka langsung dateng nih? #bukber #puasa #ramadhan ? I Love Ramadan - Ramol
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com