Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2017, 04:30 WIB
Wisnubrata

Penulis

Anda barangkali sudah terbiasa membeli sepatu dengan ukuran tertentu. Namun benarkah ukuran yang Anda beli itu sudah tepat? Bagaimanakah kita sebaiknya menentukan ukuran alas kaki kita?

Guna menjawab pertanyaan di atas, kita perlu tahu bahwa ukuran kaki rata-rata manusia di dunia ini “berkembang” dua kali lipat dibanding tahun 1970-an untuk mendukung spesies kita yang tumbuh makin tinggi. Hal itu mengubah bagaimana sepatu dirancang, dibuat, dan dipasarkan oleh pabrikan sepatu di dunia.

Ironisnya, menurut sebuah penelitian di Inggris, lebih dari 2.000 orang yang diteliti ternyata masih banyak yang memilih style sepatu dibanding sisi kenyamanannya. Sedangkan sepertiga pria yang diteliti mengenakan sepatu yang ukurannya tidak tepat atau kurang pas, sebuah pilihan yang tidak hanya kurang nyaman, melainkan sekaligus bisa mengubah bentuk kaki dan jari-jari kita seiring waktu berjalan.

Lalu bagaimanakah sebaiknya menentukan ukuran sepatu yang tepat untuk kaki kita?

“Pada dasarnya kita harus memiliki jarak atau ruang kosong sekitar 1,2 cm antara jari terpanjang kita dengan ujung bagian dalam sepatu,” ujar Tom Florsheim Jr., seorang pembuat sepatu yang keluarganya memegang merk selama 122 tahun. “Kaki kita bergeser saat berdiri, jadi kita harus memastikan adanya ruang itu sambil mengenakan sepatu kita.”

Biasanya kita mengukur adanya ruang sisa dengan menekan bagian depan sepatu, namun Florsheim juga menyarankan agar kita memasukkan jari telunjuk di bagian belakang tumit untuk memastikan ada jarak lebih antara kaki dan ujung sepatu.

Bila jari telunjuk kita tidak bisa masuk, ambilah satu ukuran lebih besar. Namun bila jari itu “nyelonong” begitu saja, maka Anda mungkin harus mencari setengah hingga satu ukuran lebih kecil. Bila penjual mengatakan bahwa sepatu yang Anda coba akan menyesuaikan ukuran kaki Anda bila sering dipakai agar Anda tetap membelinya, ketahuilah, walau hal itu benar, namun kaki Anda akan tersiksa sebelumnya.

“Bila sebuah sepatu terasa tidak nyaman sejak awal, maka ia selamanya akan begitu,” tambah Florsheim. “Sepatu memang akan meregang sedemikian rupa karena cara kita berjalan. Namun perubahan itu sebagian saja. Jangan berharap sepatu akan bertambah panjang.”

Menggunakan sepatu dengan ukuran tepat akan membuat kita merasa nyaman, tidak merusak pertumbuhan kaki, serta membuat sepatu itu sendiri bertahan lebih lama. Oleh karenanya simak enam tips sebelum membeli sepatu baru:

1. Kenakan kaos kaki yang biasa Anda pakai sehari-hari saat mencoba sepatu yang akan Anda beli.

2. Lebar seringkali sama pentingnya dengan panjang. Jadi pastikan sepatu Anda ukurannya tepat di segala arah

3. Belilah sepatu di penghujung hari di mana kaki Anda sudah berkembang setelah seharian berjalan

4. Bila Anda sangat ingin membeli sepasang sepatu namun ukurannya terlalu besar, cobalah memakainya dengan tambahan insole, atau sol dalam.

5. Bila kaki Anda berbeda ukuran antara kiri dan kanan, pastikan mengukur kaki yang besar untuk rasa yang lebih nyaman.

6. Bila Anda ingin membeli sepatu secara online namun tidak yakin dengan ukuran yang pas, tanyakan apakah penjualnya bisa mengirimkan dua pasang dengan ukuran berbeda untuk dicoba, di mana yang sepasang akan dikembalikan.

Baca: Bagaimana Memilih Sepatu Lari yang Tepat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com