Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Stiker yang Klaim Bisa Gantikan Fungsi Kondom

Kompas.com - 07/08/2017, 19:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com - Banyak pria yang enggan memakai kondom karena alasan mengurangi sensasi bercinta. Kini ada produk baru yang didesain sebagai alternatif kondom pria.

Adalah Jiftip, dan perusahaan menjelaskan ‘Diktip’, sebagai solusi  bagi orang-orang yang tidak ingin buru-buru menghilangkan sensasi bercinta, namun memiliki keintiman lebih daripada yang diberikan kondom.

Jiftip merupakan stiker tidak terdeteksi yang menutupi uretra yang mengandung air mani saat berhubungan seks. Seperti halnya kondom, Jiftip berfungsi untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan dan penyakit menular seksual.

“Seks yang nyata tanpa efek samping," promosi produk ini dalam situsnya. Mereka menjamin bahwa seks yang aman tanpa menghilangkan sensasi bercinta.

Jiftip juga sempat membuat video tutorial pemasangan, namun sudah tak ada lagi karena dianggap sensitif. Namun, para pembuat Jiftip merasa heran banyak orang yang masih enggan mengenakan produk tersebut—padahal dianggap sangat mudah seperti seks itu sendiri.

Keenganan orang itu sama seperti yang diungkapkan oleh Larry Lipshultz, M.D., seorang profesor urologi di Baylor College of Medicine. "Dengan kondom, sperma akan ditampung dalam kondom. Di perangkat ini tidak ada tempat untuk itu dan karena itu tidak ada tempat bagi sperma untuk keluar selain bocor di sekitar stiker. Hal tersebut bisa terjadi saat sedang bercinta," katanya.

Karena stiker ini hanya menutupi uretra dan ujung penis, sisa bagian penis masih bisa terpapar kemungkinan infeksi menular seksual seperti herpes dan sifilis.

Brian Steixner, M.D., seorang ahli urologi di Jersey Urology Group di New Jersey, juga bersependapat. "Mungkin (Jiftip) tidak cukup kuat untuk bisa menghentikan kecepatan ereksi," katanya.

"Kondom telah diuji, dan mereka benar-benar tidak rusak kecuali jika Anda melakukan sesuatu yang salah. Jadi sampai penelitian membuktikan bahwa Jiftip bisa menampung ejakulasi, tidak ada jaminan,” tambah dia.

Steixner juga memperingatkan bahwa jika Jiftip sangat kuat, ejakulasi Anda bisa macet. Ini berarti Anda berpotensi mencampur air mani dan air seni, atau membahayakan perineum atau prostat Anda dengan membuat cadangan sistem yang dimaksudkan untuk mengalir ke luar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com