3 Bagian Wajah yang Paling Menarik - Kompas.com

3 Bagian Wajah yang Paling Menarik

Lusia Kus Anna
Kompas.com - 30/08/2017, 08:00 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Wajah yang menarik atau enak dipandang memang tidak bisa dinilai hanya dari satu bagian wajah saja, melainkan secara keseluruhan. Tetapi, paling tidak ada 3 bagian wajah yang paling dianggap berpengaruh.

Menurut dr.Adri Dwi Prasetyo, spesialis kulit dan kelamin, bagian hidung, dagu, dan mata, berperan penting dalam kecantikan.

"Hidung, dagu, dan mata adalah sesuatu yang dilihat pertama saat kita menatap orang. Terutama bagian mata karena kita terlatih melakukan eye contact," kata Adri, dalam sebuah acara pencarian wajah proporsional berdasarkan golden ratio di Jakarta beberapa waktu lalu.

Gelombang otak manusia akan tertuju pertama kali pada bagian mata, hidung, kemudian dagu.

"Itu sebabnya mengapa koreksi kecil pada bagian bibir bisa berpengaruh besar karena dilalui jalur estetika," kata dokter dari RSU dr Soetomo Surabaya ini.

Sebaliknya dengan operasi yang dilakukan pada bagian cuping telinga, walau koreksinya lebih besar namun belum tentu orang lain akan memperhatikan perbedaannya. "Tapi ketika meninggikan ujung hidung sedikit saja, semua orang akan tahu," paparnya.

Jalur estetika terbanyak memang berada di bagian tengah wajah. Menurut "topeng" golden ratio atau pengukuran menggunakan model dan rasio matematis untuk menghitung proporsi dan daya tarik wajah, bagian tengah wajah memiliki garis-garis halus lebih banyak.

"Itu berarti area yang penting. Sementara di bagian dahi garisnya besar-besar sehingga kurang diperhatikan," kata Adri.

Dengan teknik golden ratio, dokter estetika dapat menghitung proporsi wajah sehingga dapat menentukan terapi apa yang dibutuhkan untuk koreksi, misalnya filler atau botulinum toxin demi menghasilkan wajah yang cantik dan terlihat proporsional.


PenulisLusia Kus Anna
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM