Bahaya Tidur dengan Rambut Basah - Kompas.com

Bahaya Tidur dengan Rambut Basah

Wisnubrata
Kompas.com - 14/09/2017, 15:06 WIB
llustrasi tidur dengan rambut basahSerrNovik llustrasi tidur dengan rambut basah

KOMPAS.com - Karena padatnya aktivitas, terkadang banyak orang tidak punya cukup waktu untuk keramas pada pagi hari. Sebagai gantinya, mereka memilih untuk mandi malam-malam setelah pulang kerja atau selesai berolahraga. Nah karena keburu kecapekan, tak jarang banyak orang yang memilih langsung tidur dengan rambut basah setelah keramas tadi.

Tapi, tahukah Anda jika tidur dengan rambut masih dalam keadaan basah merupakan kebiasaan yang buruk? Meski banyak orang menganggap kebiasaan ini tidak berbahaya, nyatanya tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan jika Anda terbiasa tidur dengan rambut basah setelah mandi:

1. Sakit kepala

Pernah bangun tidur dengan keadaan sakit kepala atau merasa kepala berat? Jika malamnya Anda tidur dengan rambut basah, ini bisa jadi salah satu efek sampingnya.

Tidur dengan rambut basah dapat mengakibatkan sakit kepala karena suhu kepala Anda yang dingin tidak dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh Anda, yang masih hangat setelah beraktivitas seharian.

Terlebih jika Anda tidur dalam keadaan rambut terbungkus handuk. Hal tersebut membuat kelembaban di kepala bertahan lebih lama. Ini bisa mempengaruhi sirkulasi darah di kulit kepala dan saat ketegangan meningkat, akan menyebabkan rasa sakit kepala sehingga mengganggu tidur Anda.

Baca juga: Seberapa Sering Kita Sebaiknya Keramas?

2. Rambut rusak

Tidur dengan kondisi rambut yang basah akan membuat pori-pori kulit kepala dan helai rambut melemah karena rambut lembab semalaman. Akibatnya, ini akan membuat rambut jadi rentan rontok dan rusak.

Baca: 12 Kondisi yang Menyebabkan Rambut Rontok

3. Infeksi kulit kepala

Bantal bisa jadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang berasal dari keringat, kotoran, debu, sel-sel kulit mati, bahkan air liur Anda yang terserap di dalamnya. Nah, saat Anda tidur dalam keadaan rambut yang basah, ini akan menjadi tempat sempurna untuk bakteri berkembang biak sehingga akan meningkatkan risiko infeksi atau iritasi kulit kepala.

Kondisi lembab ini juga sangat mungkin menimbulkan infeksi jamur yang bisa muncul di kulit kepala dan kulit di sekitarnya.

4. Mudah flu

Dikutip dalam laman New Health Advisor, tidur dengan keadaan rambut basah di ruangan yang dingin akan membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap virus flu. Sebuah teori untuk mendukung gagasan ini menyebutkan jika saat tubuh Anda terkena udara dingin, sistem pembuluh darah di hidung dan tenggorokan Anda akan menyempit.

Kondisi ini akan mempengaruhi sel darah putih, yang menjadi sedikit lebih lambat untuk melawan infeksi tubuh. Akibatnya, kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga flu mudah menyerang tubuh. Itu sebabnya, hindari tidur dengan rambut dalam keadaan basah. Terlebih jika kamar Anda memiliki suhu yang dingin.

Baca juga: 6 Makanan Jitu untuk Meredakan Pilek dan Flu

PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata
Sumber
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM