7 Cara Membuat Hubungan Kembali Mesra - Kompas.com

7 Cara Membuat Hubungan Kembali Mesra

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 15/09/2017, 13:12 WIB
Pasangan bahagiaJupiterimages Pasangan bahagia

KOMPAS.com - Apakah Anda merasa hubungan cinta dengan pasangan menjadi hambar akhir-akhir ini? Bila ya, Anda tidak sendirian. Pasangan-pasangan yang telah berhubungan beberapa waktu bisa dengan mudah terjebak dalam rutinitas, dan hubungan mereka pun tidak lagi menggairahkan.

Anda mungkin masih saling mencintai, tapi kemesraan dan kesenangan yang dirasakan sudah tidak menggebu-gebu lagi seperti masa pacaran. Nah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kemesraan tersebut.

Menurut konsultan hubungan Madeleine Mason, menjaga agar api asmaran tetap berkobar membutuhkan dua hal: yakni hubungan yang dirawat dan hubungan yang dibangun.Salah satu kuncinya adalah mencoba keluar dari rutinitas.

"Di sinilah kemesraan dan kesenangan menjadi satu," kata Mason kepada The Independent. "Anda bisa mulai berkreasi satu sama lain untuk membangkitkan energi yang menyenangkan."

Ilustrasi pasangan jatuh cintaViewApart Ilustrasi pasangan jatuh cinta
Rencanakan liburan, mendekorasi ulang rumah bersama, mengatur kencan mendadak, memperingati hari jadi, atau membuat pesta kecil-kecilan di akhir pekan bisa membantu mengembangkan hubungan Anda.

"Kuncinya dalah melakukan sesuatu di luar kebiasaan dan bukan aktivitas sehari-hari," kata Mason. "Walau ini membutuhkan usaha, namun sekali Anda melakukannya maka akan jauh lebih mudah dan membuat kemesraan Anda lebih tahan lama."

Jadi apa yang Anda bisa lakukan? Berikut tips dari ahli untuk mengisi kembali kemesraan dalam hubungan Anda.

1. Jangan berhenti berkencan

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa kencan hanya bagian dari awal hubungan, tapi nyatanya hal itu perlu terus dilakukan. "Sebuah kencan bukan berarti Anda harus pergi keluar setiap saat. Kencan juga bisa dilakukan dengan mengubah atau menciptakan suasana di rumah untuk dinikmati berdua," kata pengamat hubungan Matthew Hussey kepada The Independent.

Memasak di rumahnensuria Memasak di rumah
"Jika Anda memilih kencan di rumah, dengan memesan pizza dan menonton film, maka Anda bisa membuat tempat makan menjadi romantis dengan nyalakan lilin daripada menggunakan lampu meja,"kata Hussey.

Konsultan hubungan lain, James Preece menyarankan agar Anda menyediakan satu malam dalam sepekan untuk melakukan hal bersama. "Anda tidak perlu pergi ke tempat yang yang mahal, berjalan kaki di taman atau di tepi pantai juga bisa dilakukan," katanya. "Momen itu merupakan kesempatan untuk saling bergandengan tangan dan menghabiskan waktu yang berkualitas satu sama lain."

2. Mempelajari keterampilan baru

Dengan terus mengembangkan keterampilan di bidang baru, Anda menunjukkan kepada pasangan bahwa masih ada hal-hal baru dalam diri Anda. “Dua hal yang dibutuhkan dalam hubungan jangka panjang untuk bertahan dan berkembang, adalah cinta dan gairah," kata Hussey.

Ilustrasi pasangan bernyanyiConstantinis Ilustrasi pasangan bernyanyi
“Cinta diciptakan melalui hubungan Anda dan pasangan--sebuah kepedulian satu sama lain. Sedangkan gairah diciptakan dalam misteri antara dua orang, sesuatu yang baru walau Anda sudah bersama cukup lama."

3. Berikan ruang satu sama lain

"Hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada seseorang adalah kesempatan untuk merindukan Anda," kata Preece. “Dengan menghabiskan waktu terpisah, maka Anda bisa memikirkan seberapa besar Anda mencintai pasangan Anda saat ini."

Ketika Anda menghabiskan waktu terpisah dengan pasangan, seringkali kita merasa rindu dan kehilangan, lalu sadar betapa indahnya bersama. Dengan memberikan kesempatan pada pasangan untuk bersenang-senang, Anda memiliki banyak yang dibicarakan tentang kebersamaan.

4. Coba hal baru di ranjang

“Banyak pria ingin menjadi yang terhebat di ranjang, tapi tidak merasa percaya diri untuk mengungkapkan gairah mereka," kata Hussey.

Godaan untuk bercintaAntonioGuillem Godaan untuk bercinta
Dia menyarankan bila Anda seseorang yang jarang melibatkan fantasi fantasi dalam hubungan seks, maka Anda bisa dan pasangan bisa mulai berfantasi dan melakukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah dicoba.

Tentu apa yang akan Anda lakukan harus didiskusikan dulu dengan pasangan, apakah dia setuju atau tidak. Seks menjadi sesuatu yang indah selama dilakukan suka sama suka dan tanpa paksaan.

5. Letakan ponsel Anda

Anda harus meletakan ponsel saat sedang bersama pasangan. "Jika Anda ingin pasangan benar-benar merasa memiliki Anda, Anda tidak bisa terus-terusan memeriksa ponsel Anda di depannya," kata Preece.

Ilustrasi pasangan marahAstarot Ilustrasi pasangan marah
"Ada saatnya kita berada di sebuah tempat untuk hadir, bukan sekedar ada. Dan Anda tidak bisa melakukan itu jika Anda terus-terusam memeriksa ponsel untuk mengecek e-mail dan membaca gosip terbaru."

Berfokus satu sama lain bisa membantu memeprtahankan semangat dalam hubungan Anda.

6. Luangkan waktu satu sama lain, terutama pada acara khusus

Memberikan hadiah saat ini merupakan hal yang rumit, karena banyaknya pilihan dan kompleksnya keinginan manusia. Tapi salah satu hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada pasangan dalah waktu.

"Buat perjalanan pendek ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi, atau mempelajari suatu hal bersama," saran Hussey. “Anda tidak hanya akan menghabiskan waktu berkualitas, juga membuat sebuah titik hubungan dan percakapaan baru."

7. Hargai apa yang Anda miliki

Pada akhirnya, Anda tidak boleh berhenti membiarkan pasangan Anda tahu betapa Anda bersyukur memiliki dirinya dalam hidup Anda. Cara mudahnya adalah dengan memberitahukan arti mereka bagi Anda.

Ilustrasi pasanganDragonImages Ilustrasi pasangan
“Belikan mereka hadiah kecil atau buatkan mereka sebuah masakan. Ini adalah isyarat kecil yang akan membantu Anda mempertahankan kebahagiaan yang Anda miliki."

Dengan begitu, hubungan Anda dan pasangan akan kembali mengairahkan seperti saat pacaran.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorWisnubrata
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM