Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teman yang Dibutuhkan untuk Memiliki Pernikahan Bahagia

Kompas.com - 04/12/2017, 08:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com -Memiliki ikatan sosial yang kuat atau punya sahabat yang bisa diandalkan bukan hanya membuat kita bahagia, tapi ternyata juga bisa membuat hubungan asmara kita lebih langgeng.

Memang tidak semua hal tentang pasangan boleh kita ceritakan pada sahabat atau keluarga. Namun, kehadiran teman dan keluarga yang bisa diandalkan, sangat membantu saat kita mengalami masalah dalam hubungan atau perkawinan.

Hal itu juga dikuatkan dengan penelitian dari Univesitas Texas di Austin, AS, yang mengungkapkan bahwa jaringan sosial yang kuat di luar hubungan perkawinan, ternyata bisa menurunkan sejumlah masalah kesehatan, seperti insomnia, depresi, dan stres.

"Memiliki jaringan sosial yang baik dapat menghindarkan pasangan dari efek fisiologis akibat konflik perkawinan sehari-hari, "kata Lisa Neff, seorang profesor dan pemimpin studi tersebut.

Kita memang tidak bisa hanya mengandalkan satu orang, dalam hal ini pasangan kita, untuk memenuhi semua kebutuhan kita. Dengan kata lain, sedekat apa pun Anda dengan kekasih, suami, atau istri, manusia pada dasarnya punya kebutuhan untuk berbagai jenis hubungan.

Jika pasangan hanya memiliki satu sama lain sebagai sistem pendukung, ini bisa menyebabkan tekanan dan ketergantungan. Para ahli menyebutnya sebagai kecanduan hubungan.

Menurut psikolog Tammi Baliszewski, hubungan seperti cermin. Memiliki hubungan yang berbeda tidak hanya membantu kita melihat diri kita dari perspektif yang berbeda, ini juga memberi dukungan dalam berbagai cara.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

"Memiliki sahabat untuk berbagi suka dan duka dapat membantu kita memproses perasaan sakit hati dan mendukung kita dalam melihat sesuatu lebih obyektif dan lebih stabil dalam hubungan percintaan sekarang," kata Baliszewki.

Seorang pria juga memiliki banyak keuntungan dengan bergaul bersama "geng pria" yang bisa ngobrol berbagai topik seperti olahraga atau pekerjaan, begitupula dengan wanita. Hubungan pertemanan seperti ini akan menghasilkan kegembiraan, inspirasi, serta tawa. Kita pun akan kembali kepada pasangan dengan lebih mengenal diri sendiri, dan lebih menghargai pasangan.

"Persahabatan membantu 'mengisi kita' secara mental, emosional, dan spiritual. Jadi, kita tidak merasakan kekurangan dalam hubungan pernikahan kita," ucapnya.

Pasangan yang saling melengkapi dan juga bisa memberi ruang bagi pasangannya untuk memenuhi minat dan kesukaannya akan langgeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com