Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendapatkan Gigi Putih Seperti Simon Cowell, Harus Bagaimana?

Kompas.com - 16/08/2019, 10:10 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Penampilan Simon Cowell di karpet merah Hollywod menjadi perbincangan. Bukan hanya karena ia menjadi lebih langsing setelah menurunkan berat badan 9 kilogram, namun juga karena giginya yang putih.

Gigi putihnya itu terlihat kontras dengan wajahnya yang belum dicukur dan ditumbuhi bulu-bulu. Giginya makin tampak mencolok karena kebetulan warna kulit wajah juri America's Got Talent itu terlihat lebih gelap.

Baca juga: Simon Cowell Langsing Berkat Diet Vegan, Apakah Itu?

Nah, mungkin kamu juga ingin mendapatkan gigi seputih milik Simon Cowell? Kabar baiknya, ada beberapa cara yang mungkin dapat membantu memutihkan gigi:

1. Rajin sikat gigi

Hampir semua makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mengubah warna gigi. Maka, tidak ada cara yang lebih efektif untuk menjaga kebersihan mulut selain rajin menyikat gigi.

Rutin menggosok gigi dua kali sehari dapat membantu mengurangi dampak perubahan warna dari apa yang kita makan. Gunakan pasta gigi mengandung fluorida untuk membantu membersihkan plak serta menyamarkan noda di gigi.

Namun, juga jangan hanya asal gosok. Supaya upaya memutihkan gigitidak sia-sia, cara sikat giginya harus tepat. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar dari ujung paling belakang ke depan. Sikatlah yang lembut dan perlahan, minimal 20 detik untuk setiap bagian gigi.

Jangan menggosok gigi keras-keras, terlalu ditekan, atau terlalu kuat karena ini justru akan mengikis permukaan enamel gigi. Bukannya lebih bersih, gigi malah semakin kusam. Jika ingin hasil yang lebih bersih, boleh memakai sikat gigi elektrik.

Setelah menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang juga tak kalah penting. Benang gigi dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan plak yang tersangkut di celah antar gigi.

Baca juga: Sikat Gigi Saja Tak Cukup, Lakukan Flossing untuk Jaga Kebersihan Gigi

2. Sikat gigi pakai baking soda

Ilustrasi menggosok gigiCentralITAlliance Ilustrasi menggosok gigi
Kalau kita perhatikan, banyak produk pasta gigi di pasaran yang mengandung baking soda. Baking soda memang termasuk bahan alami yang bisa memutihkan gigi.

Kandungan senyawa abrasif dalam baking soda dapat membantu mengikis, melunturkan, dan menyamarkan noda di permukaan gigi. Tak hanya itu. Sifat antimikroba dari baking soda juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda mudah. Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Aduk merata sampai adonan menyerupai pasta. Setelah itu, gunakan pasta baking soda ini untuk menyikat gigi.

Agar hasilnya optimal, sikatlah gigi pakai baking soda beberapa kali dalam seminggu.

3. Banyak makan buah

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Seperti yang dijelaskan di atas, apa yang kita makan sehari-hari dapat mengubah warna gigi. Nah supaya gigi putih berseri, perbanyaklah makan buah dan sayur-sayuran.

Stroberi adalah salah satu buah yang diyakini dapat memutihkan gigi secara alami. Sebuah studi menemukan bahwa campuran stroberi dan baking soda memutihkan gigi sedikit lebih baik daripada produk pemutih gigi yang ada di pasaran.

Selain stroberi, nanas juga dapat membantu menyamarkan noda gigi. Nanas mengandung zat aktif bernama bromelain. Penelitian menemukan, pasta gigi yang mengandung bromelanin lebih efektif menyamarkan noda gigi dibanding produk pasta gigi komersil.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada bukti bahwa makan nanas menghasilkan efek yang sama untuk memutihkan gigi. Penelitian lain dengan cakupan yang lebih luas tetap dibutuhkan untuk memastikan manfaatnya.

Namun satu yang pasti. Banyak makan buah dan sayur tidak hanya efektif sebagai cara memutihkan gigi, tapi juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca juga: Pola Makan Modern Tingkatkan Risiko Gigi Berlubang

4. Menghindari minuman tertentu

ilustrasi minuman bersodashutterstock ilustrasi minuman bersoda
Lapisan luar gigi (enamel) sangat berpori. Oleh sebab itu, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari dapat terserap dan tertinggal di sana.

Apalagi jika kamu gemar minum kopi dan teh. Termasuk juga anggur merah (wine), minuman bersoda, dan minuman manis tinggi gula lainnya.

Sejumlah minuman di atas merupakan jenis minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning. Penting untuk menghindari berbagai makanan dan minuman tersebut agar gigi tidak makin kuning.

Minuman yang mengandung kafein dan bersoda dapat mengikis enamel gigi bila dikonsumsi secara berlebihan dan terus-terusan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com