Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Pekan Jadi Waktu Favorit Bayar "Utang Tidur"

Kompas.com - 04/11/2019, 09:54 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Waktu libur dua hari di akhir pekan menjadi favorit banyak orang untuk mengganti waktu tidur yang kurang saat hari kerja.

Dalam sebuah survei di Amerika terhadap 2.000 orang dewasa tentang rencana mereka pada Daylight Saving Time (pengurangan listrik dan memperpanjang jam sore), mayoritas (41 persen) menjawab ingin tidur.

Meski membayar utang tidur sebenarnya tidak bisa menghapus efek dari kurang tidur, tetapi bangun dengan perasaan lebih segar dan waspada dapat mengingatkan orang tentang pentingnya kualitas tidur.

"Ini akan membuat orang menyadari bahwa tidur sangat penting bagi kesehatan. Perlu komitmen agar setiap orang segera berkonsulasi ke dokter jika punya masalah tidur," kata Dr.Kelly Carden, presiden American Academy of Sleep Medicine.

Kebutuhan tidur bervariasi pada setiap orang, tetapi kita harus tidur dan bangun dalam waktu yang teratur agar bisa bangun dalam kondisi bugar dan waspada.

Tanda kita kurang cukup tidur adalah bangun dengan perasaan tidak segar atau selalu mengantuk sepanjang hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com