Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasa Lebih Boros Saat Masa Karantina? Simak Tips Keuangan Berikut

Kompas.com - 08/04/2020, 15:42 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Walau tidak ada pengeluaran untuk biaya transportasi dari rumah ke kantor selama kebijakan work from home, namun tak sedikit orang yang mengeluh anggaran belanja justru lebih boros.

Tentu kondisi ini harus disiasati agar kondisi finansial keluarga tidak berantakan, terlebih masa karantina kemungkinan akan diperpanjang selama pandemi Covid-19 belum teratasi.

Perencana keuangan Ligwina Hananto mengungkapkan bahwa selama berada di rumah bersama dengan anggota keluarga yang lengkap, kebutuhan untuk makanan tentu akan membengkak.

Namun, itu bukan satu-satunya patokan bahwa pengeluaran bulanan melonjak dari biasanya.

Untuk mengetahuinya, ada baiknya kita mencatat semua pengeluaran selama masa karantina ini, mulai dari belanja bulanan di supermarket hingga top up dompet digital untuk membeli makanan melalui layanan pesan antar.

"Mulai minggu ini catat dari hari ke hari, catat ulang setiap pengeluaran, apa memang lebih boros atau enggak. Bisa ketahuan ada pos yang besar tapi ada juga yang mengecil (berkurang),” kata Ligwina dalam live Instagram “Tips Menjaga Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi” yang diadakan oleh aplikasi Teman Bumil (7/4).

Baca juga: Jangan Boros Selama Masa Isolasi, Simak Tips Mengatur Keuangan Berikut

Ligwina memberi gambaran bahwa selama karantina tentu budget belanja bahan makanan akan membengkak, namun pengeluaran di sektor lain yang menurun. Seperti budget transportasi untuk pergi ke tempat kerja, yang tentu menjadi tidak terpakai karena harus bekerja di rumah.

“Biaya transportasi hilang, biaya jajan di luar juga hilang. Jadi, ada yang membesar tapi ada juga pos yang hilang,” ungkapnya.

Memasak sendiri tentu jauh lebih murah daripada membeli makanan di restoran atau makan di luar seperti saat hari biasa kita berada di kantor. Pengeluaran itu tentu bisa dialihkan ke pos lain yang sedang membengkak.

Namun, kita juga tetap perlu berhemat dengan tidak membuang bahan makanan atau membeli hal-hal yang tidak diperlukan.

“Kalau saya, pasti diusahakan untuk memasak bahan makanan yang ada di lemari pendingin. Jangan membuang-buang makanan,” ucapnya.

Baca juga: 5 Aplikasi iOS untuk Membantu Mengatur Keuangan Anda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com