Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang di Rumah yang Sulit Dirapikan dan Disingkirkan, Apa Saja?

Kompas.com - 13/03/2022, 07:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin berpikir bahwa merapikan dan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai di rumah adalah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan.

Tapi, kenyataannya itu jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama bila menyangkut barang-barang yang sangat berkesan bagi kita.

Mau tahu apa saja barang-barang tersebut? Simak beberapa daftar berikut ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

1. Buku sekolah lama

Tentu saja kita bangga dengan nilai A yang diperoleh di kelas saat sekolah atau kuliah dulu, tetapi apakah kita perlu menyimpannya? Mungkin tidak.

Kita semua jatuh ke dalam perangkap buku itu dengan gagasan bahwa suatu hari nanti, pada titik tertentu, kita mungkin perlu menyimpan informasi di dalamnya.

Apabila kita masih memerlukannya, sebenarnya kita dapat memindai dokumen-dokumen tersebut dan menyimpannya secara virtual.

Dengan begitu, kita tidak akan membuat rumah terlihat penuh dan kita dapat mengaksesnya melalui cara yang lebih mudah saat membutuhkannya.

Baca juga: 4 Alasan Memilah Barang Dapat Menghemat Pengeluaran

2. Koleksi buku

Jika kita banyak mengoleksi buku — misalnya berjumlah ratusan — dan tidak memiliki perpustakaan rumah, maka kita mungkin jadi kekurangan tempat.

Untuk melakukannya, mulailah dengan menyortir buku menjadi tiga bagian tumpukan yakni buku yang ingin kita simpan, buku yang ingin disumbangkan, dan buku yang dapat digunakan kembali untuk menjadi hiasan di rumah.

Simpan buku apa pun yang memiliki kenangan bersejarah atau harganya yang tak ternilai, dan menjadi favorit untuk kita baca berulang kali.

Dan jika kita tampaknya tidak ingin memberikan buku favorit kita ke tempat donasi, buatlah perpustakaan kecil di rumah sebagai gantinya atau kita bisa memasangnya di luar rumah untuk memberi kesempatan kepada tetangga dan pencinta buku setempat untuk ikut membaca.

3. Foto-foto

Selain buku, koleksi foto adalah salah satu hal yang kita semua punya di rumah dan kita cenderung menyimpan semuanya.

Sekarang kita semua mungkin jarang mencetak foto lagi, jadi apa pun yang kita miliki mungkin sudah tua dan istimewa.

Meski demikian, ada beberapa cara untuk mengatur koleksi foto, membuang foto yang tidak perlu, dan menyimpan foto favorit kita.

Untuk menyimpannya, kita dapat memindai dan mendigitalkan semua foto dengan aman dan bisa membagikannya dengan orang-orang terkasih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com