Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Pakai Kuteks? Ini Tips Merawat Kuku agar Tetap Sehat

Kompas.com - 06/04/2022, 09:39 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuteks atau pewarna kuku adalah salah satu produk kecantikan yang disukai banyak orang karena dapat membuat kuku terlihat cantik dengan warna-warnanya yang menggemaskan.

Namun, tak jarang kuku penggunanya menjadi rusak karena tak memperhatikan cara penggunaan kuteks.

Memang, seperti apa seharusnya?

Nah, Co-Founder Kynd Beauty Gitta Amelia punya tips untuk merawat kuku yang diwarnai agar tetap sehat.

“Pertama-tama, kita harus melihat nail polish seperti apa sih yang kita pakai?” ujar Gitta dalam Virtual Press Conference Kynd Nails - Creamy Collection pada Selasa (5/4/2022)

Menurut Gitta, hal ini penting karena bahan baku nail polish yang kita pakai akan menentukan perawatan seperti apa yang perlu kita terapkan pada kuku.

“Kalau kuteks-nya fomadelhyde dan toulene based atau gel based, artinya kuku tidak akan mendapat nutrisi dari matahari, membuat kuku bisa menjadi fragile dan mudah patah. Jadi, kita perlu menggunakan nail strengthener (produk yang bermanfaat untuk memperkuat kuku yang rapuh dan mudah patah) secara rutin,” kata Gitta.

Kuteks baru yang dirilis pada Selasa (5/4/2022), mengangkat kampanye Anyone Can Show Their True Colors untuk inklusifitas. Kuteks baru yang dirilis pada Selasa (5/4/2022), mengangkat kampanye Anyone Can Show Their True Colors untuk inklusifitas.
Selain itu, Gitta juga mengungkapkan kalau kuteks berbahan dasar gel dan fomadelhyde juga akan membuat kutikula kuku kering, sehingga diperlukan pemakaian rutin minyak atau nail oil.

“Kalau memakai kuteks berbahan dasar air, kuku tidak akan kering dan mudah patah karena masih bisa mendapat nutrisi dari matahari, tapi idealnya, tetap menggunakan nail oil dan nail strengthener agar semakin sehat, meski nggak wajib,” tambah Gitta.

Lalu, Gitta juga menyarankan agar saat tidur, kita membersihkan kuku kita dari kuteks.

Tujuannya, agar kuku tetap sehat dan tidak mudah rusak, terutama jika memakai kuteks berbahan dasar fomadelhyde atau gel yang memiliki banyak kandungan bahan kimia.

“Pastikan kalau mau tidur nail polish di kuku sudah washed away. Kalau pakai kuteks yang bisa dibersihkan dengan cara peel-off, tinggal rendam di air hangat selama 30 detik, lalu angkat, dan tinggal dikelupas saja,” kata Gitta.

Baca juga: Cara Membersihkan Kuteks Tanpa Pembersih Khusus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com