Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2022, 08:14 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hampir semua orang tahu bahwa konsumsi gula berlebih dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Mulai dari peradangan kronis, masalah gula darah, serta meningkatnya risiko kesehatan lain, seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Bahkan, tingginya asupan gula berlebih pun kerap dihubungkan dengan buruknya kondisi kesehatan mental dan depresi,

Hal ini membuat beberapa orang mulai mencari alternatif pemanis alami, seperti kurma, sirup agave, sirup maple, hingga madu.

Dari deretan opsi baru itu, bisa dikatakan bahwa sirup maple dan madu adalah yang paling populer, terutama karena rasanya yang dianggap lebih lezat dibanding alternatif pemanis lainnya.

Namun bagaimana dari sisi kesehatan? Apakah madu dan sirup maple lebih baik dari gula?

Untuk mengetahui jawabannya, simak paparan yang dilansir dari Real Simple, berikut ini.

Sirup maple vs. Gula

Sesuai namanya, sirup maple berasal dari getah pohon maple yang dikumpulkan, direbus, lalu disaring.

Menurut pusat data USDA, satu sendok makan sirup maple mengandung 52 kalori, 13,4 gram karbohidrat, 0 gram serat, dan 12,1 gram gula.

Tak hanya itu, sirup maple juga memiliki berbagai vitamin dan mineral.

Lalu jika dibandingkan dengan gula, ditemukan bahwa gula pasir memiliki lebih banyak kalori, lebih sedikit karbohidrat, namun sedikit lebih banyak gula dibanding sirup maple,

Satu sendok teh gula memiliki 68 kalori, sehingga kalori kosong (tanpa nutrisi) bisa bertambah lebih cepat secara signifikan tanpa manfaat nyata. Jadi, sirup maple lebih unggul soal nutrisi.

"Sirup maple memiliki keunggulan nutrisi dibandingkan gula karena tidak mengandung aditif apa pun, dan pemrosesannya memungkinkan mempertahankan nutrisinya, termasuk mangan, riboflavin, seng, magnesium, kalsium, dan kalium," kata profesor asisten klinis di Stanford School of Medicine William Dixon, M.D.

Sementara dalam manfaat kesehatan, sirup maple murni memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Sirup maple juga dikenal memiliki antioksidan, yaitu zat yang membantu sel-sel tubuh melawan stres oksidatif dan melindungi dari penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan gangguan otak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com