Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2022, 07:35 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak jenis tabir surya yang beredar di pasaran dengan berbagai konsep dan janji untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Banyaknya pilihan tabir surya dengan klaim yang beragam itu terkadang membuat konsumen bingung memilih produk tabir surya yang tepat untuk kebutuhannya.

“Pada tingkat yang paling dasar, manfaat tabir surya bertujuan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang dihasilkan oleh matahari," ujar Cheong Min-Kyeong, Presiden Direktur PT Cosmax Indonesia, perusahaan pembuat berbagai kosmetik dan skincare.

Sinar UV dapat memberikan manfaat bagi tubuh untuk memproduksi vitamin D. Namun apabila terpapar secara berlebihan dapat menimbulkan permasalahan bagi tubuh dan kulit seperti terbakar, flek hitam, penuaan dini, hingga peradangan kulit.

"Terlebih Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan indeks UV tinggi, sehingga dibutuhkan perlindungan secara eksternal, salah satunya dengan penggunaan tabir surya yang tepat,” lanjut Min-Kyeong.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Tepat

Lalu bagaimana cara memilih tabir surya?

Langkah pertama dalam memilih tabir surya adalah dengan melihat SPF yang merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, yaitu angka yang mengacu pada berapa lama kulit akan terlindungi dari paparan sinar matahari jika menggunakan tabir surya.

Biasanya, kulit normal manusia bisa bertahan sekitar 10 – 15 menit jika terpapar sinar matahari secara langsung, sehingga dibutuhkan perlindungan dari tabir surya untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sebagai gambaran, jika kita menggunakan sunscreen SPF 30, kulit akan terlindungi 30 kali lebih lama daripada jika tidak menggunakan tabir surya. Sehingga, dalam menentukan angka SPF yang tepat, dapat menyesuaikan dengan kebutuhan seberapa lama durasi di luar atau dalam ruangan.

Tabir surya SPF 15 melindungi dari sekitar 94% sinar UVB, produk SPF 30 melindungi dari 97% sinar UVB, dan produk SPF 45 melindungi dari sekitar 98% sinar.

Tabir surya dengan tingkat SPF yang lebih tinggi memblokir sedikit lebih banyak sinar UVB, tetapi tidak ada yang menawarkan perlindungan 100%.

Menurut Skin Cancer Foundation, tabir surya SPF 15 adalah pilihan terbaik untuk digunakan sehari-hari, bila kita lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah.

Namun jika melakukan aktivitas di luar dalam durasi yang lebih banyak, pastikan untuk menggunakan minimal SPF 30 atau lebih untuk menjaga kulit dari dari paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Baca juga: Apakah Sunscreen dengan SPF 100 Melindungi Kulit Lebih Baik?

Kemudian, selain memilih angka SPF yang tepat, saat memilih produk sunscreen penting juga untuk melihat “broad spectrum”.

Tabir surya dengan SPF tinggi tak akan memberikan perlindungan maksimal jika tidak mengandung broad spectrum yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com