Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Makanan Sehat yang Dapat Memperlambat Penuaan Otak

Kompas.com - 27/10/2022, 10:31 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wajar jika kesehatan dan kemampuan otak kita berubah dari waktu ke waktu seiring dengan bertambahnya usia.

Selama tahun-tahun terakhir kehidupan, kita lebih mungkin mengalami pergeseran dalam kognisi yang memengaruhi penalaran, perencanaan, dan keterampilan pemecahan masalah, serta daya ingat dan kemampuan untuk memahami konsep-konsep yang kompleks.

Meskipun sedikit perubahan kognitif secara umum dianggap sebagai aspek normal dari penuaan, namun beberapa orang bisa mengalami penurunan kognitif lebih serius terkait usia.

Tetapi, baik itu perubahan ringan atau besar seiring dengan bertambahnya usia, makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata memainkan peran besar dalam membantu memperlambat dampak penuaan pada otak.

Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Otak Anak, Bisa Pertajam Daya Ingat dan Fokus

Makanan sehat untuk otak

Nah, untuk mengetahui makanan sehat bagi otak yang sering direkomendasikannya kepada pasiennya, seorang ahli saraf di The Ohio State University Wexner Medical Center, Dr Kiran F. Rajneesh, pun membagikan daftarnya sebagai berikut.

1. Ikan

Ilustrasi ikan segar. FREEPIK/DASHU83 Ilustrasi ikan segar.
Jika kita adalah seorang pencinta makanan laut atau seafood yang ingin fokus untuk memperkuat kesehatan otak, memasukkan lebih banyak ikan ke dalam diet — terutama ikan yang mengandung omega-3 — sangatlah bermanfaat.

"Dua porsi ikan per minggu sangat bagus untuk kesehatan otak karena asam lemak omega sangat membantu dalam membangun kembali myelin, [atau dikenal sebagai] isolasi di sekitar otak," kata Dr Rajneesh.

Faktanya, satu laporan tahun 2020 di Frontiers in Aging Neuroscience menemukan bahwa makan ikan dapat membantu meningkatkan daya ingat dari waktu ke waktu dan kognisi keseluruhan pada individu yang sehat.

Baca juga: 10 Manfaat Makan Ikan yang Menyehatkan bagi Tubuh

2. Kacang-kacangan

Ilustrasi perlukah menyimpan kacang dalam kulkasPIXABAY/MEHRAN B Ilustrasi perlukah menyimpan kacang dalam kulkas
Kita bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai camilan rutin yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

Sebuah studi dari Advances in Nutrition menemukan bahwa mahasiswa usia 18-25 tahun yang mengonsumsi 60 gram kacang kenari setiap hari memiliki kinerja kognitif dan pemikiran kritis yang lebih baik daripada mereka yang tidak makan kacang kenari.

"Selain itu, kacang-kacangan juga dapat membantu memperbaiki kerusakan pada otak dengan mengisi kembali asam lemak serta vitamin E," tambah Rajneesh.

Baca juga: 5 Kacang-kacangan yang Membantu Cegah Penuaan Dini dan Awet Muda

3. Buah beri

Ilustrasi buah-buahan. SHUTTERSTOCK/baibaz Ilustrasi buah-buahan.
Rajneesh merekomendasikan buah beri kepada pasiennya, karena banyak dari makanan ini memiliki vitamin C, serta antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki jaringan otak dan membran sel.

Secara khusus, dia juga menyarankan untuk menambahkan buah beri ke dalam diet karena memiliki mikronutrien, unsur mikro, dan antioksidan tingkat tinggi yang membantu memperbaiki dan mengembalikan fungsi otak.

Baca juga: Ketahui, Pilihan Makanan untuk Jaga Daya Ingat dan Fungsi Otak

4. Kunyit

Rimpang tanaman kunyitShutterstock/Charoen Krung Photography Rimpang tanaman kunyit
Ketika kita membutuhkan rasa ekstra yang ditambahkan ke menu makanan, kita mungkin perlu memasukkan lebih banyak kunyit ke dalamnya.

"Bahan aktif kunyit, yakni kurkumin, dikenal sebagai anti penuaan, anti kanker, dan membantu menjaga daya ingat," ujar Rajneesh.

Meskipun kiat-kiat makan ini membantu meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan, jika kita mencurigai bahwa kita atau orang yang lain mungkin mengalami perubahan kognitif yang signifikan, tindakan pencegahan terbaik yang dapat dilakukan adalah berbicara dengan dokter.

Dokter juga akan memberikan pilihan yang disesuaikan dengan kimiawi otak dan kebutuhan kesehatan kita.

Sementara itu, memasukkan lebih banyak makanan yang menyehatkan otak ini ke dalam pola makan adalah awal yang baik untuk memulai.

Baca juga: Ketahui 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com