Kompas.com - 25/05/2022, 21:30 WIB

KOMPAS.com - Jenis makanan yang dikonsumsi rupanya tidak hanya berdampak besar terhadap kesehatan tubuh namun juga memengaruhi struktur otak.

Pilihan makanan yang meningkatkan fungsi otak bisa mendukung kinerja organ ini, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

"Ada banyak diet berbeda yang direkomendasikan selama bertahun-tahun untuk kesehatan otak yang optimal dan kami memiliki bukti kuat untuk beberapa hal."

Begitu dikatakan spesialis memori dan kesehatan otak di Amerika Serikat, Babak Tousi, MD.

Baca juga: Mengenal Afasia, Gangguan Otak yang Paksa Bruce Willis Pensiun Akting

Seiring bertambahnya usia, otak mengalami perubahan tertentu.

Salah satunya, menurut Tousi adalah perubahan materi putih di otak yang memengaruhi cara otak mengirimkan informasi ke seluruh tubuh.

Selain itu, ada penurunan materi abu-abu di otak. Materi abu-abu ini merupakan bagian otak yang mengendalikan pemrosesan dan pemikiran.

Beruntung, ada berbagai diet dan makanan yang diketahui mampu memperlambat degenerasi otak dan mengurangi risiko penyakit seperti alzheimer.

Pola makan untuk menjaga fungsi otak

Beberapa pola makan terbukti memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti diet Mediterania yang berfokus pada sayuran, biji-bijian, dan minyak zaitun.

Tidak hanya itu, diet Mediterania juga baik untuk otak, dengan meminimalkan perubahan materi putih dan abu-abu di otak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.