Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 08/01/2023, 06:19 WIB

KOMPAS.com - Menu harian diet Mediterania dianggap sebagai yang paling sehat, selama empat tahun berturut-turut, berdasarkan laporan US News & World Report.

Jenis makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat wilayah Laut Tengah ini memang didominasi oleh sayur, buah, biji-bijian dan minyak zaitun. 

Menu diet sehat ini juga tidak terlalu sering menyertakan daging merah atau pangan olahan yang kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Diet mediterania juga dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, demensia, kehilangan memori, depresi dan kanker payudara.

Selain itu, menerapkan cara diet sehat ini juga terbukti membuat tulang lebih kuat, jantung lebih sehat dan umur yang lebih panjang. Tentunya, diet sehat ala Mediterania ini juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Diet Mediterania Masih Jadi Diet Terbaik di 2021, Kok Bisa?

Menu Harian Diet Mediterania

Diet Mediterania adalah pola makan yang mengacu pada kebiasaan masyarakat Italia, Maroko, Prancis dan area sekitarnya. Oleh karena itu, banyak yang salah sangka cara diet sehat ini sulit diterapkan di Indonesia.

Padahal, menu diet sehat ini cukup mudah diaplikasikan asalkan kita memahami prinsip utamanya.

Cara paling sederhana untuk menjalankan diet mediterania adalah dengan mengganti satu kali makan sehari dengan pilihan nabati atau biji-bijian.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah panduan menu harian diet Mediterania berdasarkan arahan Rahaf Al Bochi, ahli gizi terdaftar dan pendiri Olive Tree Nutrition.

Baca juga: Mengenal Diet Mediterania Hijau yang Diklaim Lebih Sehat, Mau Coba?

.SHUTTERSTOCK .
Sarapan ala Menu Diet Sehat Mediterania

Sarapan adalah cara terbaik untuk mengawali jam makan diet Mediterania. Awali menu diet sehat ini dengan konsumsi gandum utuh dengan tambahan yoghurt, buah dan madu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.