Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 08/01/2023, 06:19 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Menu harian diet Mediterania dianggap sebagai yang paling sehat, selama empat tahun berturut-turut, berdasarkan laporan US News & World Report.

Jenis makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat wilayah Laut Tengah ini memang didominasi oleh sayur, buah, biji-bijian dan minyak zaitun. 

Menu diet sehat ini juga tidak terlalu sering menyertakan daging merah atau pangan olahan yang kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Diet mediterania juga dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes, kolesterol tinggi, demensia, kehilangan memori, depresi dan kanker payudara.

Selain itu, menerapkan cara diet sehat ini juga terbukti membuat tulang lebih kuat, jantung lebih sehat dan umur yang lebih panjang. Tentunya, diet sehat ala Mediterania ini juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Diet Mediterania Masih Jadi Diet Terbaik di 2021, Kok Bisa?

Menu Harian Diet Mediterania

Diet Mediterania adalah pola makan yang mengacu pada kebiasaan masyarakat Italia, Maroko, Prancis dan area sekitarnya. Oleh karena itu, banyak yang salah sangka cara diet sehat ini sulit diterapkan di Indonesia.

Padahal, menu diet sehat ini cukup mudah diaplikasikan asalkan kita memahami prinsip utamanya.

Cara paling sederhana untuk menjalankan diet mediterania adalah dengan mengganti satu kali makan sehari dengan pilihan nabati atau biji-bijian.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah panduan menu harian diet Mediterania berdasarkan arahan Rahaf Al Bochi, ahli gizi terdaftar dan pendiri Olive Tree Nutrition.

Baca juga: Mengenal Diet Mediterania Hijau yang Diklaim Lebih Sehat, Mau Coba?

.SHUTTERSTOCK .
Sarapan ala Menu Diet Sehat Mediterania

Sarapan adalah cara terbaik untuk mengawali jam makan diet Mediterania. Awali menu diet sehat ini dengan konsumsi gandum utuh dengan tambahan yoghurt, buah dan madu.

Pilihan lainnya, konsumsi yoghurt Yunani yang mengandung protein dua kali lipat lebih banyak namun mengandung gula lebih sedikit. Tambahkan buah segar dan kacang di bagian toping.

Makan siang ala Mediterania

Menu diet sehat Mediterania mengharuskan kita untuk tetap makan siang namun dengan jenis makanan yang tepat.

Menu terbaiknya adalah salad berbasis biji-bijian atau kacang-kacangan yang dapat meningkatkan gula darah secara perlahan dan memberikan energi pada otak. Alternatif ini juga efektif untuk mengurangi porsi makan kita di malam hari.

Baca juga: Diet Mediterania Bikin Usia Hidup Lebih Panjang, Apa Sebabnya?

Makanan ringan

Jam makan diet Mediterania juga diselingi dengan menu makanan ringan agar perut tetap kenyang sepanjang hari.

Camilan terbaik yang dianjurkan adalah kacang, yang mengandung lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Kita bisa mengkonsumsi almond, kenari atau pistachio yang paling baik untuk diet sehat.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com