Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2022, 05:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa film Hollywood memang kerap kali memperlihatkan adegan seks yang mungkin dapat meningkatkan gairah di ranjang.

Kendati demikian, jangan pernah menjadikan film berbau seks sebagai referensi untuk mendapatkan kenikmatan lebih saat bercinta dengan pasangan.

Sebab, secara garis besar, film seks tidak memiliki gambaran kehidupan seks pasangan suami-istri yang nyata dan ini justru bisa merusak kehidupan seks yang sesungguhnya.

Nah, dilansir dari laman Healthy, berikut adalah alasan yang perlu diketahui mengapa film berbau seks dapat merusak kehidupan seks bersama pasangan.

1. Ketidakpuasan citra tubuh

Ketika film menjadi sangat panas dan bergairah, itu bisa terlihat sempurna.

Namun, kita jarang melihat kekacauan — atau bahkan tawa — yang membuat hubungan fisik di kehidupan nyata begitu istimewa.

Baca juga: Kehidupan Seks di Usia 70 Tahun, Apa Masih Mungkin?

Aktor dengan pelatih pribadi, pencahayaan yang memukau, dan sutradara yang dengan hati-hati memposisikan diri mereka membuatnya tampak mudah.

"Beberapa orang merasa tidak memadai, membandingkan diri mereka dengan bintang film, meskipun faktanya banyak aktor terlihat seperti kita semua ketika mereka tidak dibuat-buat," kata terapis seks, Grace Landes.

"Kita hanya melihat aktor dalam kondisi terbaiknya, dengan rambut yang ditata rapi, dan pakaian yang bagus, atau telanjang, dalam sudut yang dipentaskan dengan sempurna, serta pencahayaan yang elegan," jelas dia.

Jika melihat tubuh-tubuh langsing dan memukau itu membuat kita sedih, alih-alih membangkitkan semangat, maka kita tidak sendirian.

Menurut Deseret News, pria maupun wanita mengalami ketidakpuasan citra tubuh ketika mereka membandingkan diri mereka dengan para aktor dan aktris Hollywood.

2. Kehidupan sehari-hari tidak sesuai dengan film

Tidak hanya karakter dalam film yang terlihat lebih baik daripada kita semua, tetapi rumah mereka juga lebih menakjubkan.

Ketika adegan film memanas di kamar tidur, para karakter tidak tersandung cucian kotor di lantai atau hal-hal lain yang bisa mengganggu di dalam rumah.

Jadi, film seks bisa melakukan seks tanpa batas, yang berada di luar jangkauan banyak orang.

"Tidak jarang pasangan suami-istri datang berkonsultasi dan menggunakan film sebagai titik referensi untuk bagaimana mereka berharap kehidupan seks mereka bekerja dengan baik," ungkap terapis seks dan penulis, Chris Donaghue, PhD.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com