Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Brand Indonesia Menang di Pertandingan Sepeda Balap Se-Asia

Kompas.com - 15/11/2022, 13:54 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Sorak kemenangan kembali terdengar ketika atlet Pro UCI Terengganu Polygon Cycling Team (TSG) berhasil menyabet berbagai gelar pada UCI Asia Tour, Le Tour de Langkawi yang diselenggarakan pada 11-18 Oktober 2022.

Diselenggarakan di Langkawi, Malaysia, pertandingan kali ini terbagi atas 8 etape yang harus dilalui setiap harinya.

Pada kejuaraan ini, TSG turun dengan enam anggota tim-nya, yaitu Mohd Harrif Saleh, Mohamad Nur Aiman Mohd Zariff, Youcef Reguigui, Jambaljamts Sainbayar, dan Anatolii Budiak.

Meski sempat diguyur hujan hingga ada pengalihan rute untuk etape ke-7, TSG dengan menggunakan sepeda Polygon Helios dapat tampil apik dan menyelamatkan berbagai gelar.

Baca juga: Pesepeda AS Menang di Kejuaraan Nasional Amerika Pakai Produk Indonesia

King of Mountain: Muhammad Nur Aiman Zariff Memperoleh Kembali Gelarnya

UCI Asia Tour, Le Tour de Langkawi UCI Asia Tour, Le Tour de Langkawi
Gelar jersey merah – King of Mountain (KOM) – kali ini berhasil didapatkan atlet TSG Muhammad Nur Aiman Zariff yang akrab disapa Aiman. Ini adalah gelar KOM kedua yang ia dapatkan, setelah sebelumnya berhasil mendapatkannya di tahun 2020.

"Saya sangat bersyukur untuk kemenangan ini. Memenangkan jersey merah ini untuk kedua kalinya sangatlah berarti bagi saya, mengingat tantangan yang saya hadapi tahun ini jauh lebih kompetitif dibandingkan tahun 2020 lalu,” ujar Aiman setelah race berakhir.

"Meskipun begitu, pengalaman di tahun 2020 mengajarkan saya banyak hal, untuk menjadi lebih tenang, tetap fokus, dan bersepeda dengan aman hingga finish,” lanjutnya.

Best Asian Rider: Jambaljamts Sainbayar Membuktikan Kemampuannya

UCI Asia Tour, Le Tour de Langkawi UCI Asia Tour, Le Tour de Langkawi
Jambaljamts Sainbayar – atau akrab disapa Jambaljamts – juga berhasil membuktikan kemampuannya pada Le Tour de Langkawi kali ini dengan mengamankan gelar jersey putih, yaitu Best Asian Rider.

Meski sempat kehilangan gelar Best Asian Rider setelah persaingan ketat dengan Andrey Zeits di stage 4, Jambaljamts berhasil merebut kembali gelar tersebut di stage berikutnya, menjadikan dia sebagai Best Asian Rider secara keseluruhan race.

Japan Cup Cycle Road Race: Kibaran Prestasi Lain Atlet Polygon

Di waktu yang hampir bersamaan, juga ada perlombaan Japan Cup yang juga diikuti oleh TSG.

Japan Cup Cycle Road Race juga merupakan event balap sepeda yang terdaftar pada UCI dan masuk pada klasifikasi 1. Pro yang diikuti oleh banyak atlet kuat.

Pada kejuaraan ini, Wan Abdul Rahman berhasil menduduki posisi ke-15 pada kategori Japan Cup Criterium, dan Jeroen Meijers berhasil menduduki posisi ke-17 pada kategori Japan Cup Cycle Road Race.

“Kemenangan-kemenangan kita rayakan bersama dan harapannya semakin membuat Indonesia bangga serta percaya diri akan karya anak bangsa sendiri,” ujar Veronica Vivin, Brand Marketing Polygon Bikes.

Baca juga: Pakai Sepeda Indonesia, Tim Pebalap Naik Podium di Lomba Internasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com