Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah, Ini Kata Dokter...

Kompas.com - 09/04/2023, 04:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengecilkan pori-pori menjadi salah satu perawatan kulit wajah yang tidak kalah populer, selain menghilangkan jerawat dan mencerahkan kulit.

Banyak wanita ingin mengecilkan pori-pori dengan alasan utama, yakni mempercantik penampilan wajah mereka dengan membuat tekstur wajah lebih halus.

Namun, tidak hanya untuk memperbaiki penampilan wajah, mengecilkan pori-pori ternyata juga memiliki manfaat lainnya, seperti mengurangi minyak berlebih dan mencegah timbulnya jerawat.

Manfaat mengecilkan pori-pori

Menurut seorang dokter kulit dan vice president medical & training ZAP, Dr Dara Ayuningtyas, pori-pori besar umumnya bisa disebabkan karena dua hal, yakni genetik dan penggunaan skincare yang kurang tepat.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Yuk Coba!

Namun, kita bisa mengecilkan pori-pori dengan perawatan di klinik kecantikan, yang bermanfaat untuk mempercantik penampilan sekaligus mencegah masalah jerawat.

"Manfaat mengecilkan pori-pori adalah agar kelenjar minyak di wajah kita tidak berlebihan," kata Dara kepada Kompas.com saat ditemui di acara ZAP di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Mengecilkan pori-pori juga mencegah jerawat pada orang-orang dengan tipe kulit yang rentan," jelas dia.

Sebab, dia menambahkan, pori-pori kulit wajah yang besar cenderung memproduksi kelenjar minyak yang banyak.

Dan apabila kita tidak rutin menjaga kebersihan, otomatis bakteri p.acne akan berkembang dan menyebabkan munculnya jerawat.

"Jadi, orang yang memiliki pori-pori besar dan minyaknya berlebihan sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan yang bisa mengecilkan pori-pori," saran Dara.

Baca juga: Es Batu Bisa Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah, Mitos atau Fakta?

"Memperkecil pori-pori sendiri tidak ada efek sampingnya pada kesehatan, yang penting tidak dihilangkan ya."

"Karena bagaimanapun, pori-pori tetap berguna supaya kita bisa mengeluarkan sisa-sisa dari sel kulit di dalam itu melalui pori-pori, tetapi juga jangan terlalu besar," ungkapnya.

Perawatan untuk memperkecil pori-pori

Untuk membantu para wanita mengatasi masalah pori-pori besar, ZAP menghadirkan perawatan terbaru, yaitu Z-tox Micro Injection dan Picoway.

Baca juga: Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Cara yang Benar

Untuk membantu para wanita mengatasi masalah pori-pori besar, ZAP menghadirkan perawatan terbaru, yaitu Z-tox Micro Injection dan Picoway.ZAP Untuk membantu para wanita mengatasi masalah pori-pori besar, ZAP menghadirkan perawatan terbaru, yaitu Z-tox Micro Injection dan Picoway.
Perawatan ini tidak hanya bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah, tetapi juga menghilangkan tanda-tanda penuaan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

"Perawatan Z-tox Micro Injection merupakan hasil dari riset panjang tim medis ZAP yang telah diujicoba ke semua dokter kami," kata Dara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com