Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Iritasi, Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Bikini Wax

Kompas.com - 09/06/2023, 16:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan waxing atau menghilangkan rambut pada bagian tubuh tertentu kini dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui bikini wax.

Metode bikini wax ini pun sering digunakan perempuan untuk menghilangkan rambut di sekitar area kemaluan yang terlihat di luar garis panty atau celana dalam.

Meski terbilang aman, bikini wax juga berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit jika kita tidak mempersiapkan dan merawatnya dengan baik.

Maka, untuk mencegah kulit iritasi atau bahkan infeksi pasca melakukan bikini wax, para ahli pun merekomendasikan sejumlah persiapan yang perlu dilakukan sebelum waxing dan menghindari beberapa hal setelahnya.

Baca juga: 7 Tips Sukses Memulai Bisnis Waxing Rumahan

Mempersiapkan diri untuk bikini wax

Untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum melakukan waxing, penata gaya dan spesialis wax di State College, PA's Looks Hair Design, Averi Coleman-Corl, menyarankan untuk melakukan eksfoliasi pada malam sebelumnya guna mencegah rambut tumbuh ke dalam (in-grown hair).

Mandi sebelum janji temu juga sangat ideal, karena kulit yang bersih memungkinkan wax untuk melakukan tugasnya dengan lebih efektif.

Namun, bagi yang sedang menstruasi, sebaiknya hindari melakukan waxing pada saat atau beberapa hari menjelang datang bulan, karena kulit akan menjadi lebih sensitif pada saat siklus tersebut.

Dan jika kita khawatir dengan rasa sakit, kita dapat mencoba mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas 30 menit sebelum janji temu untuk membantu meringankan rasa tidak nyaman.

Berapa panjang rambut yang harus dimiliki untuk bikini wax
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari bikini wax, kita harus memastikan rambut kita cukup panjang untuk mencengkeram wax selama proses pencabutan.

"Saya biasanya merekomendasikan sekitar 1,27 cm," kata penata rambut dan spesialis waxing di State College, PA, Lien Ngu.

Setelah menetapkan rutinitas waxing, konsistensi adalah kuncinya.

Baca juga: 7 Jenis Lilin Waxing yang Perlu Diketahui

Mungkin diperlukan 2-3 kali waxing untuk membuat rambut berada dalam jadwal pertumbuhan yang sama.

Mengenai seberapa sering melakukan waxing, rutinitas yang tepat mungkin berbeda dari orang ke orang.

"Saya biasanya merekomendasikan klien untuk melakukan waxing antara empat hingga enam minggu sekali, tergantung pada pertumbuhan rambut mereka," kata Ngu.

"Tetapi untuk klien yang lebih tua yang mungkin memiliki pertumbuhan rambut yang lebih lambat, mereka mungkin hanya membutuhkannya setiap delapan minggu sekali," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com