Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Pertambahan Mata Minus dengan Lensa Khusus

Kompas.com - 12/06/2023, 08:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Masa pandemi ditambah perubahan gaya hidup saat ini telah membuat banyak anak akrab dengan gadget. Memang tidak terhindarkan bahwa anak-anak generasi digital menghabiskan banyak waktu menatap layar ponsel, komputer, atau tablet.

Sayangnya menatap layar terlalu lama berpotensi mempengaruhi kesehatan mata. Tidak heran bila semakin banyak anak memakai kacamata untuk membantu penglihatannya, dan jumlahnya semakin banyak.

Diperkirakan 50% dari penduduk dunia akan mengalami miopia atau rabun jauh (mata minus) pada 2050. Angka ini meningkat signifikan sesuai perubahan gaya hidup seperti aktivitas melihat jarak dekat yang berlebih (contohnya menatap layar), kurangnya aktivitas di luar ruangan, kebiasaan, dan faktor keturunan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Airlangga, prevalensi kelainan refraksi di Indonesia menempati urutan pertama dari penyakit mata, meliputi 25% penduduk. Dan prevalensi miopia di Indonesia lebih dari -0,5D pada usia dewasa muda adalah 48,1%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki potensi tinggi terhadap miopia.

Bagaimana mencegahnya?

Ilustrasi membaca bukuSHUTTERSTOCK Ilustrasi membaca buku
Untuk mencegah munculnya mata minus, kita bisa mengajak anak-anak untuk melakukan kebiasaan berikut:

1. Perbanyak aktivitas luar ruangan

Penelitian Shah R.L dkk tahun 2017 menunjukkan bahwa aktivitas luar ruangan selama minimal 2 jam per hari dapat mengurangi laju miopia dan gangguan penglihatan lainnya.

2. Melakukan pemeriksaan mata

Lakukan pemeriksaan mata berkala pada anak-anak untuk memastikan miopia atau masalah penglihatan lainnya terdeteksi dan dapat ditangani sejak dini.

Miopia yang sudah terlanjur berkembang akan lebih sulit dan lebih mahal diatasi.

3. Istirahatkan mata

Kita bisa meminimalisir kelelahan mata dengan beristirahat setelah aktivitas melihat layar, yakni setiap 20 menit istirahatkan mata dengan melihat jarak jauh minimal 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik.

Baca juga: Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Dengan Teknik 20-20-20

Bagaimana bila miopia sudah muncul pada anak?

Miopia yang tidak ditangani dapat mengarah ke penyakit mata yang lebih serius. Bila sudah memiliki mata minus, maka penglihatan harus dikoreksi menggunakan kacamata. Sedangkan untuk mencegah bertambahnya minus, diperlukan lensa yang tepat agar laju miopia dapat dihentikan.

Hal ini mendorong Hoya Vision Care untuk mengembangkan inovasi teknologi guna menciptakan opsi kontrol miopia khususnya untuk anak, dan menyediakan perawatan kesehatan mata sejak dini.

Di akhir tahun 2022 lalu, Hoya Vision Care memperkenalkan produk lensa terbaru yaitu lensa kacamata terapi miopia, MiYOSMART.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com