Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan?

Kompas.com - 14/06/2023, 08:43 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan memang bukan sekadar proses untuk membuat angka di timbangan kita nampak lebih kecil, namun juga dapat menjadi cara untuk membuat hidup lebih sehat dan aktif dengan nutrisi yang cukup.

Namun tak dapat dipungkiri, angka di timbangan bisa sangat berarti bagi para pejuang diet, terutama jika menimbang berat badan ini dijadikan motivasi untuk menurunkan berat badan dan terus menerapkan pola hidup sehat agar tubuh tetap ideal.

Lantas, apakah ada aturan dan tips tertentu dalam menimbang berat badan?

Dikutip dari Cleveland Cilinic, waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, tepatnya setelah pergi ke kamar mandi namun sebelum makan atau minum apapun.

Hal itu disebabkan karena pagi hari merupakan saat tubuh selesai mencerna semua makanan dan minuman yang dikonsumsi pada hari sebelumnya.

Tentu saja, semakin sedikit pakaian yang kita gunakan, akan semakin baik untuk mengetahui hasil menimbang dengan tepat.

Baca juga: Pagi Hari Waktu Terbaik Menimbang Berat Badan, Apa Alasannya?

Beberapa studi pun menunjukkan bahwa menimbang berat badan menimbang badan secara rutin dapat membantu membawa perubahan yang baik dalam berat badan, baik itu setiap minggu atau setiap hari. Hanya saja, tetap perlu konsistensi.

Namun, ada yang perlu diperhatikan.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Behavioral Medicine pada 2019 menunjukkan bahwa pengukuran setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan lebih banyak dibanding mereka yang jarang menimbang berat badan.

Studi lainnya yang diterbitkan pada tahun 2021 menemukan bahwa penggunaan sistem pengukuran otomatis digital, seperti smartwatch, aplikasi kebugaran dan situs tracker, dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih baik, sementara sebuah studi pada tahun 2018 menemukan bahwa mengurangi penggunaan activity tracker akan lebih bermanfaat.

Bahkan menurut sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Medical Internet Research pada tahun 2017, ditemukan bahwa akan ada lebih banyak hasil positif jika kita memadukan beberapa kebiasaan, seperti menimbang berat badan rutin dan berolahraga dengan intensitas tinggi selama setidaknya 60 menit per minggunya.

Jadi intinya, jika kita terus konsisten dalam menimbang berat badan, kemungkinan kita juga akan mendapatkan perubahan positif dalam mengatur pola makan dan jadwal berolahraga, yang disebabkan karena kita ingin terus mempertahankan rutinitas secara teratur.

Menimbang berat badan secara rutin dapat membantu kita terus melakukan proses penurunan berat badan dengan konsisten. Ini seperti memiliki budget mingguan. Jika kita berbelanja melebihi budget, kita tentu ingin mengetahuinya dan bisa mengaturnya kembali. Namun jika kita tidak menyadari bahwa kita berbelanja berlebihan, pasti biaya akan terus bertambah," ujar ahli diet bersertifikat dari Cleveland Clinic, Maxine Smith, RD, LD.

Baca juga: Seberapa Sering Perlu Menimbang Berat Badan?

Ilustrasi menimbang berat badannyul Ilustrasi menimbang berat badan
Smith pun menambahkan bahwa kita perlu menimbang berat badan di hari dan waktu yang sama, terlepas dari melakukannya setiap hari atau setiap satu minggu sekali.

Namun jika menimbangnya setiap satu minggu sekali, Smith menyarankan agar kita melakukannya bukan di akhir minggu.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com