Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2023, 13:11 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siklus haid yang tidak teratur sesekali mungkin bukan suatu masalah berarti bagi wanita.

Tetapi jika kondisi itu terus terjadi berulang kali, bisa jadi ada beberapa faktor yang perlu diperbaiki, misalnya gaya hidup kita.

Coba perhatikan kebiasaan apa yang kita lakukan sehari-hari jika menstruasi tidak teratur setiap bulannya.

Baca juga: Pahami, Pengaruh Berat Badan pada Siklus Haid 

Faktor yang mengganggu siklus haid

Ada beberapa faktor yang membuat siklus haid terganggu, dan hal itu biasanya lebih banyak dipengaruhi oleh gaya hidup kita.

Melansir laman Healthshots, berikut beberapa hal yang membuat menstruasi tidak teratur setiap bulan.

1. Stres

Stres bisa mengganggu produksi hormon, terutama pada wanita. Pada wanita di usia produktif, stres ini bisa memicu gangguan pada hormon kesuburan sehingga menstruasi jadi tidak teratur.

Dalam mencegahnya, kita disarankan untuk bisa mengelola stres baik itu dengan rutin olahraga hingga melatih pernapasan untuk mencegah stres.

2. Olahraga berlebihan

Olahraga memang baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, tetapi jika intensitasnya berlebihan hal itu juga dapat memicu ketidakseimbangan hormon.

Akibatnya siklus menstruasi bisa semakin memburuk dan olahraga sebaiknya dilakukan sewajarnya saja.

Baca juga: 7 Hal Pemicu Telat Menstruasi, Selain Kehamilan 

Ilustrasi siklus haid. Awas, diabetes bisa jadi faktor penyebab haid tidak teratur. Shutterstock/Kmpzzz Ilustrasi siklus haid. Awas, diabetes bisa jadi faktor penyebab haid tidak teratur.

3. Konsumsi alkohol dan merokok

Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol dan merokok pada wanita bisa memicu ketidakseimbangan hormon yang membuat siklus haid terganggu.

Jadi, cara terbaik untuk mencegah masalah yang satu ini adalah dengan mengurangi rokok dan konsumsi alkohol setiap hari, atau akan lebih baik jika berhenti total.

4. Kebiasaan begadang

Tidur yang cukup merupakan satu bagian dari gaya hidup yang penting baik bagi pria atau wanita.

Menurut studi Association of Sleep Duration and iInsomnia with Menstrual Symptoms among Young Women in Upper Egypt, kebiasaan begadang dapat memicu ketidakseimbangan hormon yang dapat mengganggu siklus menstruasi.

Maka dari itu, atur lagi kebiasaan kita menjelang tidur untuk mencegah begadang, seperti memastikan kamar terasa nyaman, jauhi gadget, hingga mengurangi konsumsi kafein di sore hari.

5. Pola makan tidak sehat

Berbagai makanan tidak sehat seperti makanan tinggi gula, tinggi kalori dan lemak trans juga dapat mengganggu siklus menstruasi.

Pastikan dalam pola makan sehari-hari kita memasukkan berbagai makanan dengan nutrisi seimbang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Minuman yang Bantu Redakan Nyeri Haid 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com