Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Mengapa Kucing Senang Tidur di Kaki Pemiliknya

Kompas.com - 20/06/2023, 09:44 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para penyayang kucing tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai perilaku unik namun menggemaskan hewan kesayangannya itu.

Misalnya saja, meski terkadang ada kucing yang tidak mau duduk di pangkuan atau di sebelah kita, tak sedikit kucing yang senang tidur di kaki pemiliknya.

Nah, apa sebabnya?

Untuk mengetahuinya, simak beberapa alasan mengapa kucing senang tidur di kaki pemiliknya menurut konsultan perilaku kucing dari Healthy Cattitude Cat Behavior, Kate Luse, MA, dan Nicole Savageau, DVM, selaku dokter hewan untuk The Vets berikut ini.

Keamanan

Keamanan adalah salah satu alasan utama mengapa kucing senang tidur di ujung tempat tidur.

"Kita mungkin memandang kucing sebagai predator yang memburu hewan-hewan kecil seperti tikus dan burung. Namun, kucing juga merupakan mangsa bagi spesies lainnya, seperti elang, macan, dan ular. Karena itu, kucing selalu berusaha menemukan tempat tidur yang aman," ujar Luse.

Tepi tempat tidur memang menawarkan titik pandang yang tinggi, memungkinkan kucing dapat memandang ruangan untuk mengawasi predator.

Selain itu, bergantung dari bagaimana cara kita mengaturnya, tempat tidur juga bisa juga memberi kucing pandangan yang jelas ke arah pintu, membuat kucing merasa bisa melarikan diri dengan cepat.

Tidak ingin diganggu

Meski kucing sangat suka menempel dan menunjukkan kasih sayangnya, kucing tetap butuh ruang pribadi.

Karena itu, Savageau mengatakan bahwa tidur di tepi tempat tidur akan memperkecil kemungkinan kita mengambil ruang pribadi kucing saat sedang beristirahat.

"Kucing sangat menghargai kemandiriannya dan mungkin akan lebih suka tidur di lokasi di mana pergerakan atau keberadaan pemiliknya tidak akan mengganggu tidurnya," tambahnya.

Baca juga: Kenapa Kucing Tidur Melingkar? Begini Penjelasannya

Suhu

Alasan lain mengapa kucing memilih untuk tidur di kaki kita adalah karena hangat.

"Kucing mencari tempat hangat dan nyaman untuk tidur, dan kaki pemiliknya ,enawarkan semua itu. Kaki biasanya melepaskan panas, dan kucing merasa kehangatan itu nyaman dan menenangkan," ujar Savageau.

Di sisi lain, jika kucing tidur di tepi tempat tidur namun jauh dari kaki kita, kemungkinan kucing mencari tempat yang lebih dingin untuk beristirahat.

"Kucing akan mencari tempat yang membuatnya dapat mengatur suhu tubuhnya saat tidur secara optimal," ujar Luse.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com