Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yasinta Aurellia Bawa Kostum Gajah Way Kambas ke Miss Supranational 2023

Kompas.com - 20/06/2023, 10:17 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Yasinta Aurellia siap melenggang di panggung kontes kecantikan Miss Supranational 2023 yang akan digelar pada pertengahan Juli mendatang.

Melalui kostum nasional gajah Way Kambas, dara berusia 19 tahun ini siap membawakan penampilan terbaiknya pada sesi National Costume di ajang yang digelar di Polandia tersebut.

Pemilihan tema "The Warrior from Way Kambas" sebagai kostum nasional dari Yasinta bertujuan untuk menghadirkan keindahan dan keberanian yang dimiliki oleh pejuang Way Kambas.

Way Kambas sendiri merupakan salah satu Taman Nasional yang berada di provinsi Lampung dan menjadi tempat perlindungan bagi gajah Sumatera serta berbagai satwa langka lainnya yang terancam punah.

Melalui kostum ini, Yasinta Aurellia ingin menggambarkan perjuangan dan upaya penyelamatan ratusan gajah yang dilakukan oleh pejuang Way Kambas.

"Pilihan National Costume yang membanggakan ini, yang tidak hanya mencerminkan kekayaan budaya Indonesia, tetapi juga mengangkat isu pelestarian satwa langka," kata Yasinta dalam konferensi persnya di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Persiapan Yasinta Aurellia Melenggang di Ajang Miss Supranational 2023 

Makna dan cerita di balik kostum nasional Yasinta Aurellia 

Yasinta Aurellia bawakan kostum nasional The Warrior from Way Kambas di ajang Miss Supranational 2023.KOMPAS.COM / DINNO BASKORO Yasinta Aurellia bawakan kostum nasional The Warrior from Way Kambas di ajang Miss Supranational 2023.

Kostum nasional gajah Way Kambas yang akan dibawa Yasinta Aurellia didominasi keindahan warna perak, abu-abu, putih, dan sentuhan warna biru dari tenun tradisional "Tapis Lampung".

Sang desainer kostum, Annisa Febby secara khusus merancang busana ini selama 12 hari sudah termasuk perancangan ide dengan Yasinta dan Yayasan Puteri Indonesia untuk menyuarakan keindahan dan keberanian yang dimiliki Indonesia, khususnya pejuang Way Kambas.

Asal-usul budaya Lampung yang diangkat dalam tema National Costume itu pun sengaja digagas karena senada dengan tema besar ajang Puteri Indonesia 2023 yang mengangkat budaya Lampung.

"Melalui kostum ini akan menggambarkan perjuangan pelestarian gajah Lampung agar terhindar dari perburuan liar, melestarikan dan memelihara gajah dan satwa lainnya juga di Way Kambas," kata Annisa kepada Kompas.com di kesempatan yang sama.

Lanjut Annisa, kostum gajah Way Kambas ini sengaja dirancang seringan mungkin olehnya dengan material eva foam atau matras yang secara keseluruhan bobotnya hanya 19 kilogram.

Ini pun jadi salah satu tantangan bagi Annisa untuk merancang sebuah kostum megah tanpa membuat pemakainya kerepotan saat melenggang di atas panggung Miss Supranational 2023.

"Kesulitan pasti ada, 12 hari itu termasuk perencanaan. Saya harus membuat kostum seringan mungkin untuk dipakai Yasinta," papar Annisa.

Kemudian segala macam tampilannya pun sengaja dibuat lebih grande dengan beberapa tambahan kilauan dari batu safir biru dan berlian sintetis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com