Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Asupan Air Setiap Hari untuk Mencegah Penyakit Ginjal?

Kompas.com - 21/06/2023, 18:42 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum air yang cukup merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Bahkan ada yang menyebut bahwa banyak minum air bisa mencegah penyakit ginjal.

Organ ginjal pada dasarnya melakukan banyak tugas penting di dalam tubuh, seperti terus-menerus menyaring darah untuk membuang produk limbah dan asam yang dihasikan dari berbagai reaksi kimia dalam tubuh.

Dalam prosesnya, ginjal mempertahankan kadar elektrolit darah yang sesuai seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium dan fosfor melalui penyerapan dan ekskresi.

Semua pekerjaan ginjal itu membutuhkan air yang cukup setiap hari untuk dikonsumsi. Lantas seberapa banyak asupan air yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit ginjal?

Baca juga: 7 Gaya Hidup Baik demi Terbebas dari Penyakit Ginjal 

Fakta konsumsi air untuk mencegah penyakit ginjal

Ilustrasi seorang wanita minum air putih.Freepik Ilustrasi seorang wanita minum air putih.

Berdasarkan rekomendasi umum, minum air yang direkomendasikan adalah 8 gelas atau dua liter air setiap hari untuk mencegah penyakit ginjal.

Namun takaran tersebut merupakan jumlah kasar dan mungkin tidak berlaku untuk setiap individu.

Pasalnya beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan air setiap hari meliputi tingkat aktivitas setiap hari, usia, jenis kelamin, iklim, kondisi kesehatan hingga pengobatan medis yang tengah dijalani.

Sehingga tidak ada jumlah air yang pasti dan sesuai untuk semua orang dalam mencegah penyakit ginjal, karena kebutuhan air dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang sudah disebutkan tadi.

Tetapi satu studi yang meneliti asupan air pada pasien penyakit ginjal kronis menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi air lebih dari 1 liter air per hari tidak mengurangi perkembangan penyakit ginjal.

Studi itu juga tidak menunjukkan bukti kuat bahwa meningkatkan asupan air bisa mencegah penyakit ginjal.

Pada studi itu hanya ditemukan bahwa peningkatan asupan air dikaitkan dengan pengurangan risiko batu ginjal. Sedangkan batu ginjal sering berkembang dan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal.

National Academy of Medicine menyarankan asupan air harian pada pria sekitar 3 liter, sedangkan pada wanita disarankan untuk mengonsumsi 2 liter air setiap hari.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Picu Penyakit Ginjal 

Manfaat minum air putih di pagi hari.Shutterstock/Krakenimages.com Manfaat minum air putih di pagi hari.

Meski demikian, peningkatan aktivitas fisik dan paparan suhu yang lebih tinggi dapat mempengaruhi jumlah asupan air yang disarankan.

Beberapa pasien dengan kondisi medis tertentu dan berat badan lebih rendah juga disarankan untuk menurunkan jumlah asupan normal.

Sehingga dapat disimpulkan tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua orang dalam jumlah asupan air karena kebutuhan masing-masing individu dapat berbeda.

Menurut laman Washingtonpost, salah satu hal penting yang dapat menjadi acuan adalah konsumsi air yang cukup, jangan sampai kita merasa kehausan atau dehidrasi.

Sebab dehidrasi dapat menjadi faktor penyebab penyakit ginjal apapun. Kemudian pastikan juga untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti konsumsi buah dan sayuran, pola makan vegan hingga rutin olahraga.

Beberapa kebiasaan tersebut sudah terbukti secara ilmiah dapat mencegah berbagai risiko penyakit ginjal secara keseluruhan.

Baca juga: Pria Asal Sri Lanka Pecahkan Rekor Batu Ginjal Terbesar di Dunia 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com