Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2023, 20:06 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Rasanya, hampir semua pecinta hewan sepakat, jika kucing merupakan hewan peliharaan yang memiliki tingkah menggemaskan.

Namun terkadang, hewan berbulu itu juga menunjukkan ketertarikan yang besar pada benda-benda yang terbuat dari plastik, bahkan memakannya.

Pertanyaannya, mengapa kucing doyan makan plastik?

Para ahli menjelaskan penyebab di balik kebiasaan unik kucing ini, serta tindakan pencegahan yang bisa dilakukan pemilik hewan peliharaan.

Kenapa kucing memakan plastik?

Pengarang buku Pam Johnson-Bennett dari Cat Behavior Associates (CBA) berpendapat kucing mungkin menggigit benda plastik karena beberapa alasan.

"Penting untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya," jelas Johnson-Bennett kepada Newsweek.

Sementara itu, Presiden The International Cat Association (TICA), Vicki Jo Harrison menjelaskan sebagian besar kucing yang menggigit atau memakan plastik melakukannya karena "plastik dirasa enak atau kucing menikmati bermain dengan plastik".

Namun, Harrison juga menekankan ada bahaya yang mengintai dari kebiasaan tersebut.

"Beberapa benda plastik tidak berbahaya bagi kucing untuk dikunyah, namun benda plastik yang relatif kecil di dalam mulut kucing dapat menyebabkan risiko tersedak," katanya.

Plastik juga dapat menyebabkan penyumbatan yang mencegah makanan dan air melewati tubuh kucing, bahkan merusak lambung atau usus jika benda itu memiliki tepi atau sudut yang tajam.

"Plastik yang tertelan bisa menyebabkan masalah serius pada usus kucing, dan mungkin memerlukan operasi darurat atau endoskopi untuk mengeluarkannya."

"Prosedur-prosedur itu memerlukan anestesi umum dan tidak terlepas dari risiko, oleh karena itu lebih baik mencegah kucing agar tidak memakan plastik sejak awal," sambung Harrison.

Memperbolehkan kucing mengunyah plastik mungkin terlihat tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatannya.

"Bicarakan dengan dokter hewan apakah kucing kita melakukan itu karena masalah medis, ketidakseimbangan nutrisi, atau hanya karena bosan dan terpikat oleh kantong plastik."

Baca juga: Kucing Makan Pasir, Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Masalah yang membuat kucing makan plastik

Masalah yang membuat kucing memakan plastik antara lain:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com